detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 27 Jan 2020 17:04 WIB

Kobe Bryant Tewas Basket Indonesia Berduka, tapi Mamba Mentality Tak Boleh Mati

Mercy Raya - detikSport
Kobe Bryant merupakan salah satu pebasket terbaik Amerika Serikat sepanjang sejarah ketika masih aktif bermain. Yuk lihat aksi-aksi pemain berjuluk Black Mamba tersebut. Kobe Bryant tewas dalam kecelakaan helikopter (Photo by Jonathan Daniel/Getty Images)
Jakarta -

Tewasnya Kobe Bryant menjadi duka mendalam termasuk untuk basket Indonesia. Manajer Timnas Basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella, meminta agar filosofi mamba mentality tak boleh mati.

Kobe meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter pada Senin (27/1/2020) dini hari WIB. Helikopter yang ditumpanginya terjatuh dan terbakar di kawasan Calabasas, California.

Tak hanya Kobe, ada delapan orang lainnya yang menjadi korban dalam kecelakaan tersebut. Anak kedua Kobe, Gianna Onare, yang berusia 13 tahun juga menjadi korban jiwa.

"Kobe Bryant adalah seorang legenda dan ikon yang sangat fenomenal. Imbas yang diberikan kepada bola basket secara global sangat menginspirasi pemain basket, baik di NBA maupun negara-negara lainnya termasuk di Indonesia," kata Fareza dalam sambungan telepon, Senin (27/1/2020).

Kendati kehilangan sosok panutan, Fahreza meminta agar prinsip hidup mamba mentality, yang disebut Kobe sebagai upaya untuk menunjukkan kemampuan terbaik di segala bidang, bukan hanya sebagai atlet namun dalam kehidupan sehari-hari dan hari ini harus lebih baik ketimbang kemarin, untuk ditiru pemain basket Indonesia. Utamanya para pemain basket di Timnas yang sebentar lagi akan tampil di Kualifikasi FIBA Asia dan menjadi tuan rumah FIBA Dunia 2023.

"Perasaan campur aduk dan sedih yang sangat dalam pastinya dirasakan oleh seluruh pecinta basket tanah air. Sosok Kobe Bryant merupakan panutan yang sangat dikenal dengan mamba mentality, yang mana memberikan ajaran serta motivasi terutama kepada seluruh atlet basket untuk memaksimalkan potensi yang ada pada diri kita masing- masing dalam berkompetisi," katanya.

"Dengan begitu dapat menciptakan mentalitas pemenang dimana kita harus selalu berbuat yang terbaik pada setiap kesempatan di segala aspek kehidupan," pria yang karib disapa Mocha itu menambahkan.

"Semoga mamba mentality ini bisa menjadi warisan terbaik dari legacy Kobe Bryant yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh pecinta basket di dunia," dia.



Simak Video "Istri Tulis Pesan Haru atas Meninggalnya Kobe Bryant dan Gianna"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com