detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 28 Jan 2020 13:08 WIB

Nike Setop Sementara Penjualan Produk Kobe Bryant

Mohammad Resha Pratama - detikSport
LOS ANGELES, CA - APRIL 13:  A detail view of the NIKE shoes worn by Kobe Bryant #24 of the Los Angeles Lakers in the first half against the Utah Jazz at Staples Center on April 13, 2016 in Los Angeles, California. NOTE TO USER: User expressly acknowledges and agrees that, by downloading and or using this photograph, User is consenting to the terms and conditions of the Getty Images License Agreement.  (Photo by Harry How/Getty Images) Penjualan produk Kobe Bryant disetop sementara oleh Nike (Harry How/Getty Images)
Los Angeles -

Menyusul tewasnya Kobe Bryant, Nike menyetop sementara penjualan produk yang berhubungan dengan pebasket 41 tahun itu. Kenapa?

Kobe mengawali kecelakaan helikopter di California, Senin (27/1/2020) dini hari WIB, yang merenggut nyawanya, putri Gianna, dan tujuh orang penumpang lainnya.

Tragedi itu tentu mengejutkan banyak pihak karena Kobe semalam sebelum tragedi itu masih menonton pertandingan LA Lakers menghadapi Philadelphia Sixers. Seluruh dunia pun berkabung atas kehilangan salah satu pebasket terbaik yang pernah ada.

Nike yang merupakan sponsor aparel Kobe melakukan langkah mengejutkan ketika langsung menarik sementara penjualan seluruh produk yang terkait dengan Kobe.



Jika Anda mengecek langsung situs penjualan Nike di AS, Selasa (28/1) siang WIB ini, hanya ada penjualan gift card untuk jersey Lakers. Tidak dijelaskan alasan pasti Nike melakukan ini.

Nike sendiri mengontrak Kobe dengan nllai 8 juta dolar AS per tahun untuk jangka lima tahun ke depan. Ada dugaan Nike melakukan demi menghindari para spekulan yang memanfaatkan momen tewasnya Kobe ini.

Sebab dengan nama besar Kobe, maka seluruh fans akan mengejar berbagai pernak-pernik soal Kobe, dimulai dari sepatu, jersey, t-shirt, dan lainnya. Hal ini bisa dimanfaatkan para pedagang untuk menjualnya dengan harga mahal.

Apalagi sejak Kobe pensiun pada 2016, Nike malah merilis sepatu bernama Kobe A.D. yang laris di pasaran. Bahkan ada sepatu yang sengaja dimodifikasi dengan angka 8 dan 24 di masing-masing bagian tumit sepatu, perlambang nomor Jersey Kobe.

"Dia adalah salah satu anggota keluarga Nike yang tercinta. Kami semua akan merindukannya. Mamba Forever," demikian tulis Nike di situs resminya.



Simak Video "Saksi Mata: Ada Beberapa Ledakan dari Helikopter Kobe Bryant"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com