detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 28 Jan 2020 20:10 WIB

6 Fakta Kobe Bryant: Family Man yang Setia Lakers dan Jago Bisnis

Rosmha Widiyani - detikSport
LOS ANGELES, CA - MAY 19:  Kobe Bryant #24 of the Los Angeles Lakers reacts to a play against the Phoenix Suns in the fourth quarter of Game Two of the Western Conference Finals during the 2010 NBA Playoffs at Staples Center on May 19, 2010 in Los Angeles, California. NOTE TO USER: User expressly acknowledges and agrees that, by downloading and/or using this Photograph, user is consenting to the terms and conditions of the Getty Images License Agreement.  (Photo by Harry How/Getty Images) 6 fakta Kobe Bryant, siapa dia? (Harry How/Getty Images)
Jakarta -

Kobe Bryant, yang tewas dalam kecelakaan helikopter pada Minggu (26/1/2020), meninggalkan duka mendalam. Legenda LA Lakers itu bukan hanya top sebagai pemain basket, namun juga piawai membangun bisnis dan menjaga keluarga.

Kobe tewas bersama putri keduanya, Gianna, yang berusia 13 tahun di Calabasas, California. Selain mereka, penerbangan itu menewaskan tujuh korban lainnya.

Dikutip dari CNN, hingga saat ini, ucapan duka atas meninggalnya Kobe dan putrinya Gigi Bryant atau Gianna Maria-Onore Bryant masih terus berdatangan. Baik dari sesama pemain basket ataupun pihak luar.

Salah satunya, siluet Kobe yang bisa berada di samping gedung Los Angeles Times. Mereka yang terbang dari dan menuju Los Angeles International Airport atau LAX Airport bisa melihat siluet ini.

"Kobe dan Gigi (sapaan karib Gianna) kini sudah berada di surga bersama bintang selamanya," kata Dr Patrick Soon-Shiong yang memimpin koran tersebut.

Bahkan, penggemar Kobe dari seluruh dunia juga berharap NBA mengganti logonya menggunakan gambar siluet bintang pujaan mereka. Petisi yang berisi harapan penggemar ini dibuat Nick M dan sudah ditandatangani lebih dari 400 ribu orang hingga Selasa (28/1/2020).

"Dengan meninggalnya Kobe Bryant yang mengejutkan, silakan tandatangani petisi ini dalam upaya mengabadikannya untuk selamanya sebagai Logo NBA yang baru," Nick menuliskan keinginannya dalam petisi itu.

Untuk mengenang Kobe Bryant, berikut enam fakta terkait sosoknya yang dikenal cinta keluarga,

1. Setia kepada LA Lakers

Kobe Bryant adalah bintang basket yang telah bermain sekitar 20 musim di National Basketball Association (NBA) bersama Los Angeles Lakers. Dia mendapat anugerah All Star 18 kali, anggota All NBA Team 15 kali, dan anggota All Defensive Team 12 kali. Pada 2018, Kobe Bryant menjadi Most Valuable Player (MVP).

Dengan prestasi tersebut, tak heran Kobe Bryant menjadi salah satu pemain basket terbaik sepanjang masa. Apalagi, Kobe menjadi guard pertama yang mampu bermain hingga 20 musim. Dikutip dari Forbes, nilai tukar Kobe yang biasa menggunakan nomor punggung 8 dan 24 itu, mencapai sekitar USD 350 juta pada 2016.

2. Berasal dari Keluarga NBA

Kobe Bryant yang lahir pada 23 Agustus 1978 di Philadelphia, Pennysilvania, memiliki tinggi 1,98 meter dan berat badan 96 kilogram. Kedua orang tua Kobe tak asing dengan NBA. Ayahnya, Joe Bryant mantan pemain NBA yang memulai karier dari Golden State Warriors kemudian berpindah-pindah klub. Sementara ibunya, Pamela, merupakan adikd ari mantan pemain NBA, John "Chubby" Cox.

Kobe menyelesaikan pendidikan di Lower Merion High School dan masuk 1996 NBA draft yang dipilih Charlotte Hornets. Sejak saat itu Kobe Bryant menjadi anggota tim LA Lakers dan berlaga di NBA.Posisi Kobe Bryant dalam tim adalah shooting guard dan merupakan pencetak skor paling berbahaya di NBA.

Kobe kerap dibandingkan dengan Michael Jordan karena gaya keduanya nyaris sama. Menurut Phil Jackson, pelatihnya selama beberapa tahun, Kobe adalah pemain yang sangat ambisius apalagi saat game tidak berjalan seusai harapannya. Dia juga akan terus berusaha memasukkan bola ke dalam keranjang hingga mendapat nilai

3. Punya 4 Putri

Selain sebagai bintang, Kobe Bryant juga dikenal sebagai family man bagi istri dan anaknya. Bersama istri Vanessa Laine, Kobe memiliki empat putri; Natalia, Gianna, Bianka, dan Capri Kobe. Kobe dan istrinya sempat akan cerai pada 2011 namun kembali rukun hingga kelahiran putri bungsunya pada 2019.

Kendati memiliki banyak sisi positif, namun publik tidak lupa kasus pelecehan seksual yang pernah menjerat Kobe Bryant. Dia diadukan oleh seorang pegawai hotel perempuan berusia 19 tahun saat menginap usai operasi lutut. Pegawai tersebut mengatakan Kobe melakukan pemerkosaan pada malam sebelum operasi. Kasus tidak dilanjutkan karena pegawai tersebut tidak bersedia bersaksi di persidangan. Kobe Bryant kemudian minta maaf pada publik atas kasus yang mencoreng namanya.

4. Bangkit dengan Julukan Black Mamba

Black Mamba adalah julukan yang diciptakan Kobe Bryant untuk dirinya sendiri, terinspirasi dari ular asal Afrika. Ular berwarna hitam ini bergerak cepat, lincah, dan akurat, sehingga serangannya selalu tepat sasaran. Julukan ini menjadi usaha Kobe Bryant untuk mengembalikan namanya setelah tercoreng akibat kasus pelecehan seksual pada 2003.

Selanjutnya, Black Mamba menjadi nama berbagai aktivitas sosial atau bisnis Kobe Bryant. Dia sempat menjadi bintang iklan produk jam tangan mewah Black Mamba collection pada 2009. Kobe juga membuat liga basket Mamba League untuk anak-anak di Los Angeles, Mamba Sports Academy untuk mempromosikan gaya hidup sehat, dan Mamba Day saat dirinya pensiun pada 2016.

5. Tutup Usia di Umur 41 Tahun

Kobe Bryant dan Gigi Bryant dalam perjalanan untuk main basket saat kecelakaan helikopter tersebut terjadi. Bryant rencananya akan bermain di Mamba Sports Academy di Thousand Oaks, California. Tim basket Mamba Kobe Bryant akan melawan tim yang anggotanya adalah anak perempuan dari Boise, Idaho.

Helikopter menjadi transportasi pilihan Kobe Bryant dan keluarganya yang ingin menghindari macetnya lalu lintas. Transportasi udara yang digunakan Kobe mendapat izin terbang meski cuaca berkabut.

6. Bisnis Kobe Bryant

Selain sukses sebagai bintang, Kobe Bryant ternyata seorang pengusaha andal. Kobe mulai ikut mendirikan perusahaan modal ventura Bryant Stibel bersama dengan pendiri Web.com, Jeff Stibel, pada 2013. Aset perusahaan kini lebih dari 2 miliar Dolar Amerika dan telah berinvestasi ke puluhan perusahaan teknologi, media, dan data.

Pada 2016, Kobe juga mendirikan Granity Studios perusahaan media yang fokus seputar olahraga. Investasi lain adalah pada minuman olahraga Body Armor, yang nilainya meningkat setelah menjual saham pada Coca Cola.



Simak Video "Istri Tulis Pesan Haru atas Meninggalnya Kobe Bryant dan Gianna"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com