detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 15 Mar 2020 09:50 WIB

Wabah Virus Corona, Perbasi Setop Kegiatan Basket Nasional

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Pebasket Satria Muda Pertamina Rivaldo Tandra Pangesthio (kanan) berusaha melewati pebasket Pelita Jaya Bakrie Respati Ragil Pamungkas pada pertandingan seri keenam Indonesian Basketball League (IBL) Pertamax 2020 di DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (8/3/2020). Satria Muda Pertamina menang atas Pelita Jaya Bakrie dengan skor akhir 88-68. ANTARA FOTO/Moch Asim/hp. Seluruh kegiatan basket nasional dihentikan sementara waktu (Moch Asim/ANTARA FOTO)
Jakarta -

PP Perbasi mengambil tindakan terkait penyebaran virus corona yang masif. Perbasi meniadakan kegiatan basket di Indonesia sementara waktu.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Perbasi, Danny Kosasih, dalam surat edaran resmi yang ditandatanganinya, Sabtu (14/3/2020). Dalam surat itu, Danny meminta seluruh pengurus provinsi Perbasi menunda turnamen, invitasi, dan kompetisi.

"Menyikapi perkembangan penyebaran Virus Corona (COVID - 19) yang semakin meluas di Indonesia saat ini serta adanya himbauan dari Pihak Kemenpora RI untuk penyelenggaraan kegiatan Olahraga yang melibatkan orang banyak (massa), memperhatikan situasi dan kondisi ditempat kegiatan dengan sungguh - sungguh," ujar Danny.

"Berkaitan dengan hal tersebut, bersama ini PP PERBASI menyampaikan agar seluruh PengProv PERBASI di seluruh Indonesia untuk MENUNDA SELURUH KEGIATAN TURNAMEN/ INVITASI/ KOMPETISI BOLABASKET sampai pemberitahuan lebih lanjut. Hal ini dilakukan dalam rangka pencegahan akan penyebaran Virus Corona."



Virus corona kini sudah menjadi pandemi karena sejauh ini sudah ada 156.476 kasus di seluruh dunia dengan tingkat kematian mencapai 5.833 orang. Di Indonesia, sudah 96 pasien positif corona dengan tingkat kematian mencapai lima orang dan delapan pulih.

Imbas dari penyebaran virus corona ini, seri ketujuh IBL yang seharusnya dihelat di Malang pekan ini ditunda. Padahal tim-tim dan seluruh perangkat pertandingan sudah hadir di GOR Bima Sakti untuk melakoni pertandingan.

Selain itu Srikandi Cup juga ditunda dulu sampai waktu tidak ditentukan. Perbasi akan mengikuti arahan pemerintah terkait kapan kompetisi basket nasional baik di level putra maupun putri akan dihelat kembali.

"PP PERBASI akan mengevaluasi kembali terkait penundaan di atas, setelah melihat perkembangan dan situasi ke depan, serta tentunya dengan memperhatikan arahan dari Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, dan juga Kementerian Kesehatan RI."

"Demikian informasi ini kami sampaikan, untuk menjadi perhatian bagi PengProv PERBASI Seluruh Indonesia. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih."



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com