detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 13 Apr 2020 16:35 WIB

IBL Masih Rehat, Louvre Berencana Sesuaikan Kontrak Pemain

Mercy Raya - detikSport
Logo IBL Louvre Surabaya punya kiat menghindari pemotongan gaji pemain. (Foto: ist.)
Jakarta -

Louvre Surabaya berencana untuk menyesuaikan kontrak pemainnya selama IBL 2020 masih rehat. Saat ini dia masih berkomunikasi dengan para pebasketnya.

Sebelumnya, operator liga telah memberikan lampu hijau kepada klub-klub Indonesian Basketball League (IBL) 2020 jika ingin melakukan pemotongan gaji kepada para pemainnya. Asal pemangkasan tak kurang dari upah minimum klub.

Bagi setiap klub, tentu imbauan itu menjadi kesempatan di tengah krisisnya pemasukan apalagi kompetisi sedang disetop imbas pandemi virus corona.

Pemilik Louvre, , Erick Herlangga, bilang itu sulit dilakukan. Sebab, ada pemainnya yang masih digaji di bawah upah minimum, karena bekerja part time. Untuk itu, dia memilih untuk menyesuaikan kontrak para pemainnya.

"Soal gaji pemain, saya sudah berikan opsi kepada pemain. Karena ini force majeure tentu saya tak akan ada pemotongan gaji Tapi penyesuaian kontrak," ujar Erick kepada pewarta, pada Senin (13/4/2020) dalam aplikasi Zoom.

Menurut Erick, langkah penyesuaian lebih tepat agar setiap pebasket mendapatkan haknya dengan benar. Sebab, liga dijadwalkan mulai kembali pada September 2020 sembari melihat perkembangan wabah penyakit COVID-19 .

"Misal si A gajinya Rp 50 juta, saya potong 50 persen kan jadi Rp 25 juta. tapi yang B misal gaji Rp 5 juta, kalau terpotong jadi Rp 2,5 juta. Apakah itu adil? Saya sih tetap inginnya restruktur kontrak, kontrak berubah, tapi tak ada pemotongan gaji. Kontrak di delay ke tiga bulan ke belakang," dia menjelaskan.

"Jadi gaji yang harusnya diterima April sampai Juni, akan dipindahkan ke mulai Juli hingga Maret tahun depan," lanjutnya.

"Tetapi jika tidak mau dan pemainnya ngotot ingin gajian walaupun tak ada kegiatan, ya tinggal atur saja yang adil. Antara yang gaji UMR dan yang Rp 50 juta perbulan. "Ini yang masih saya tunggu dari anak-anak," ujarnya.



Simak Video "Arsenal dan MU Berebut Gabriel Magalhaes"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com