detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 16 Jun 2020 21:45 WIB

Pelita Jaya Dukung Kelanjutan IBL 2020, tapi...

Mercy Raya - detikSport
Logo IBL Pelita Jaya mendukung kelanjutan IBL 2020 dengan syarat. (Foto: ist.)
Jakarta -

Kompetisi basket Indonesian Basketball League 2020 akan bergulir kembali awal September. Salah satu klub peserta, Pelita Jaya, mendukung rencana itu tapi dengan syarat.

IBL dijadwalkan berlangsung 4 September dengan formal langsung ke fase playoff. Nantinya seluruh tim akan menggunakan pemain lokal dan digelar satu kota.

Direktur teknik Pelita Jaya, Fictor Roring, mengaku siap apapun keputusan yang diambil oleh operator liga. Termasuk tidak menggunakan pemain asing pada kelanjutan kompetisi bola basket tanah air itu.

"Pelita Jaya siap apakah IBL dilanjutkan atau tidak. Pakai pemain asing atau tidak, mau di Jakarta atau Yogyakarta, kami siap saja," kata Fictor di laman Iblindonesia.

"Kami positif saja. Mau lanjut kami tetap dukung tapi semua aspek harus dipikirkan. Yang penting aman," lanjutnya.

Aspek keselamatan pemain, sebut Fictor, merupakan aspek yang paling prioritas di tengah kondisi pandemi virus Corona saat ini.

Di sisi lain, Pengurus Pusat Persatuan Bola basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) telah mengeluarkan panduan melakukan latihan di masa new normal.

Dalam panduan itu ada dijelaskan soal protokol penyelenggaraan acara olahraga. Salah satunya diutamakan tanpa penonton dan dapat disaksikan melalui media digital.

Tak hanya itu, penyelenggaraan itu harus menyesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing dan berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 setempat.

"Tentunya IBL harus sejalan dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora serta PP Perbasi selaku induk organisasi cabang olahraga bola basket," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah, terpisah.



Simak Video "Jelang IBL 2020, Timnas Basket Boyong 3 Pemain Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com