detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 05 Jul 2020 13:00 WIB

IBL Akan Verifikasi Calon Tim Baru 2021

Mercy Raya - detikSport
Satya Wacana kalahkan Amartha Hangtuah di IBL 2020 IBL Akan Verifikasi Calon Tim Baru 2021. (Foto ilustrasi IBL 2020: Angling Adhitya Purbaya/detik.com)
Jakarta -

Indonesian Basketball League (IBL) musim ini belum lanjut lagi, tapi liga sudah membuka pendaftaran untuk peserta baru tahun depan. Batas penyerahan kelengkapan sampai 14 Juli 2020.

IBL sebelumnya telah membuat sejumlah keputusan yang kaitannya dengan kompetisi basket nasional. Selain menetapkan kelanjutan musim ini, pada rapat yang diikuti pengelola dan klub peserta juga mencanangkan soal tanggal kompetisi musim depan pada 15 Januari 2021.

Dalam prosesnya, IBL bahkan juga sudah membuka pendaftaran peserta baru sejak pekan pertama April lalu. Mereka membuka kesempatan dan mendistribusikan dokumen persyaratan, serta ketentuan bagi para calon yang berminat bergabung.

Adapun 1 Juli merupakan batas waktu penyerahan surat ketertarikan keikutsertaan dan formulir pernyataan kesediaan. Nah, untuk meningkatkan kualitas liga, IBL bersama PP Perbasi membentuk tim verifikasi.

Tim yang terdiri dari Rufiana, senior manajer kompetisi IBL, Maulana Fareza, dan dilengkapi empat anggota lainya akan memeriksa bakal calon peserta baru sebelum disahkan menjadi tim yang bermain di kompetisi.

"Pertemuan hari ini adalah untuk menyamakan persepsi tentang syarat bagi tim-tim bakal calon peserta IBL," kata ketua tim verifikasi Rufiana dalam rilis yang diterima detikSport, Minggu (5/7/2020).

"Lalu pekan depan kami akan mengundang dan mengadakan workshop dengan semua calon peserta. Dengan workshop ini , kami berharap dapat lebih membantu informasi lebih rinci yang diperlukan calon peserta serta memberikan dukungan agar bisa memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan," Rufi menjelaskan.

Tim verifikasi telah menetapkan beberapa jadwal yang harus dipatuhi bagi calon. Beberapa deadline itu terdiri dari batas penyerahan kelengkapan dokumen pada 14 Juli, kemudian keesokan harinya langsung dilakukan proses evaluasi dan verifikasi hingga 16 Agustus, diikuti dengan melakukan pembayaran deposit pada hari terakhir verifikasi.

"Hasil dari proses verifikasi yang kami lakukan akan menjadi rekomendasi untuk penilaian akhir nantinya. Saat ini calon peserta dalam fase awal memasukkan semua persyaratan dokumen administrasi paling lambat pada 14 Juli," tuturnya.

Pada 1 September, tim verifikasi kemudian mengumumkan hasil evaluasi dan verifikasi. Kemudian pada 2-24 September 2020, pembayaran license fee, dan 1 Oktober pengumuman klub baru IBL.

"Untuk nama klub calon peserta akan diumumkan secara resmi setelah masing-masing pihak melengkapi persyaratan awal di atas," ujarnya.



Simak Video "Jelang IBL 2020, Timnas Basket Boyong 3 Pemain Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com