detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 23 Okt 2020 18:12 WIB

Ketum KONI Lantik Kepengurusan PP Perbasi, Juga Sebut-sebut IBL

Mercy Raya - detikSport
Pelantikan PP Perbasi di kantor KONI Pusat. Foto: dok. KONI Pusat
Jakarta -

Kepengurusan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih dilantik KONI Pusat pada hari Jumat (23/10/2020). Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman juga bicara mengenai kelanjutan kompetisi basket IBL.

Diketahui, Kepengurusan Danny masa bakti 2019-2023 sejatinya sudah terbentuk sejak Oktober lalu saat Musyawarah Nasional Perbasi digelar Jakarta.

Danny, yang merupakan calon tunggal, berhasil mempertahankan jabatannya di olahraga bola basket nasional tersebut. Tapi baru saat ini pelantikannya dilangsungkan.

"Atas nama pengurus yang baru dilantik, saya ucapkan terima kasih kepada Ketua Umum KONI Pusat dan jajarannya yang sudah melantik. Mohon bimbingan agar bisa bersama membangun olahraga Indonesia khususnya bola basket," kata Danny, dalam rilis yang diterima detikSport.

Sementara itu, Marciano mengapresiasi PP Perbasi yang tetap menjalani roda organisasi meski terkendala pandemi Corona. Ia pun berharap dengan kepengurusan yang baru, persiapan Indonesia menjadi tuan rumah FIBA Asia 2021 dan FIBA World Cup 2023 berjalan lancar.

"Momentum tersebut diharapkan dapat maksimalkan potensi sport tourismnya. Hal ini, selaras dengan tema Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang dicanangkan Menpora yaitu sport science, sport industry dan sport tourism," ujarnya.

Pelantikan PP Perbasi di kantor KONI Pusat.Acara pelantikan PP Perbasi, Jumat (23/10/2020). Foto: dok. KONI Pusat

"Selain itu, tentu kami berharap Indonesia Basketball League (IBL) juga dapat segera bergulir kembali setelah pemerintah memandang penanganan COVID-19 membaik. "Hal ini guna memberikan ruang bagi para atlet, para pelatih dan mereka yang terlibat kegiatan olahraga."

Hal serupa diungkapkan Menpora Zainudin Amali. Ia berharap pembinaan olahraga basket menonjol baik di level nasional maupun internasional. Hal ini menyesuaikan arahan Presiden Joko Widodo pada Haornas.

"Kita mereview ekosistem pembinaan olahraga prestasi, dari hulu hingga hilir kita review sehingga kita menemukan satu format pembinaan yang baik," ujar menteri asal Gorontalo itu.

Selain itu, Perbasi juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pembentukan grand desain olahraga Indonesia. Untuk itu, perlunya ditingkatkan komunikasi baik antartingkat provinsi, KONI, Kemenpora, dan lembaga lainnya.

(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com