detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 30 Okt 2020 20:30 WIB

Sambut IBL Musim Depan, Bima Perkasa Dekati Pelatih AS?

Jauh Hari Wawan S - detikSport
Logo IBL Bima Perkasa membidik oelatih asal AS untuk IBL 2021? (Foto: ist.)
Sleman -

Bima Perkasa dirumorkan akan merekrut David Singleton sebagai pelatih kepala untuk liga musim depan. Ketertarikan tim IBL asal Yogyakarta itu ramai dibahas media sosial.

Manajemen Bima Perkasa sendiri tak membantah isu itu. Presiden klub Bima Perkasa, dr Edy Wibowo, mengakui memang tertarik mengontrak eks pelatih Pacific Caesar itu. Menurutnya, Singleton punya catatan apik sebagai pelatih.

"Singleton punya catatan yang sangat bagus sejak memulai karier di Selandia Baru, Vietnam, lalu Indonesia. Saya sudah tahu track recordnya juga dari teman-teman di Selandia Baru dan Vietnam. Siapapun pasti sangat tertarik tidak hanya kami," kata Edy kepada wartawan, Jumat (30/10/2020).

Selain catatan yang mengesankan, Singleton juga punya visi yang sama dengan tim khususnya pengembangan pemain muda. Edy menambahkan, sejak awal, Bima Perkasa memang serius mengembangkan bakat talenta muda yang dimulai dari Bima Perkasa Academy.

"Kami sangat serius mengembangkan talenta muda, Singleton juga punya visi yang sama lalu juga bersedia turun ke sekolah-sekolah. Tentu akan menjadi kombinasi yang bagus," ungkapnya.

Namun, untuk mendatangkan Singleton tidak mudah. Bima Perkasa harus bersaing dengan sejumlah tim yang juga naksir berat dengan pencapaian pelatih muda yang kini bermukim di Italia itu.

Namun manajemen Bima Perkasa telah melakukan komunikasi dengan Singleton.

"Kami sudah komunikasi. Dan jujur saja saya sangat senang," kata David terpisah.

Untuk diketahui, David Singleton adalah sosok di balik kesuksesan Saigon Heat meraih gelar liga bola basket Vietnam. Selama mengarsiteki Saigon Heat selama tiga musim David mencetak banyak rekor fantastis.

Ia mengantar Heat mencatatkan rekor kemenangan, memecahkan rekor musim tunggal untuk tembakan tiga angka dalam pertandingan musim reguler, dan memecahkan rekor untuk tiga tembakan. Pelatih yang akrab disapa Dave itu juga sukses menyulap Tu Leo menjadi pemain terhebat di liga lalu menjadi top skor.

Sebelum bergabung dengan waralaba Saigon Heat, Singleton menjabat sebagai Kepala Pelatih dan Manajer Umum Can Tho Catfish. David Singleton juga sosok yang membuat kapten Timnas Selandia Baru, Mika Vukana menjadi pebasket yang diperhitungkan di Asia Pacific saat menangani The Nelson Giant tahun 2015.

(cas/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com