detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 19 Des 2020 10:25 WIB

Indonesia Jadi Tuan Rumah FIBA Asia Cup 2021

Mercy Raya - detikSport
FIBA Asia Cup 2021 Indonesia Jadi Tuan Rumah FIBA Asia Cup 2021 (FIBA Asia Cup 2021)
Jakarta -

Indonesia memastikan diri menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021. Ajang itu diharapkan jadi persiapan sebelum menggelar Piala Dunia Basket 2023.

FIBA Asia yang mengumumkan penetapan itu di laman resminya. Mereka mengatakan babak Final kompetisi kontinental itu akan diadakan 16-28 Agustus 2021 dan akan menampilkan 16 tim terbaik dari Asia / Oseania.

"Ini akan menjadi beberapa tahun yang menyenangkan bagi bola basket Indonesia. Mereka menjadi tuan rumah Piala Asia FIBA 2021 dan tuan rumah Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023. Ini adalah langkah maju yang besar untuk mengembangkan bola basket di negara ini," kata Presiden FIBA Asia Sheikh Saud Ali Al Thani.

Bagi Indonesia, penunjukkan ini merupakan kali kedua setelah terakhir kali digelar pada 1993. Saat itu, China mengalahkan DPR Korea di Final untuk merebut mahkota kontinental kesembilan mereka.

"Kami sangat bangga menjadi tuan rumah Piala Asia FIBA di Jakarta tahun depan, ini adalah platform yang sangat baik bagi Indonesia untuk menampilkan potensi bola basketnya," ungkap Ketua PP Perbasi, Danny Kosasih.

"Ini juga akan membantu kita mempersiapkan diri untuk Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023, baik sebagai penyelenggara maupun tim nasional," dia menambahkan.

Diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 bersama Jepang dan Filipina. Tidak seperti tuan rumah lainnya yang memperoleh kualifikasi langsung, Indonesia harus berada di peringkat delapan besar di Piala Asia FIBA 2021 untuk mendapatkan tempat kualifikasi langsung.

Saat ini, skuad Rajko Toroman berada di peringkat tiga klasemen Grup A. Andakara Prastawa dkk baru mengoleksi satu kemenangan atas Thailand di windows kedua. Sebelumnya, mereka kalah telak dari Filipina dan Korea Selatan di rumah sendiri pada laga jendela pertama.

Indonesia akan menjalankan windows terakhir di Clark, Filipina, pada Februari mendatang. Laga itu diprediksi berat karena harus menghadapi tiga tim yakni Thailand, Filipina, dan Korea Selatan.

Tim Piala Asia FIBA 2021 akan dibagi menjadi empat grup yang masing-masing terdiri dari empat tim. Tim teratas di setiap grup di akhir Fase Grup akan lolos langsung ke Perempat Final. Tim peringkat ketiga di setiap grup, harus bermain dalam pertandingan kualifikasi untuk mendapatkan tempat mereka di empat tempat tersisa di Perempat Final.

(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya