FIBA Luncurkan Logo Piala Dunia 2023, Ada Unsur Merah-Putih

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 05 Des 2020 18:05 WIB
Piala Dunia Basket 2023
Logo Piala Dunia Basket 2023 diluncurkan. (Foto: dok.Istimewa)
Jakarta -

FIBA secara resmi meluncurkan logo Piala Dunia Basket 2023. Ada tiga elemen yang ditonjolkan selain warna merah, putih, biru, dan kuning. Apa saja?

Logo resmi Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 diluncurkan pertama kali, Jumat (4/12), yang juga sebagai bagian dari kampanye FIBA yang baru #DontMissABeat, yakni kampanye untuk menjaga komunitas bola basket tetap bersatu dan aktif selama beberapa bulan ke depan.

Adapun konsep lambang terdiri dari tiga elemen utama: hati, Trofi Naismith, dan tahun 2023, tahun penyelenggaraan single event basket terbesar di dunia tersebut.

Dalam lamannya, FIBA kemudian menjelaskan makna dari tiga lambang tersebut. Hati yang menyamping melambangkan semangat untuk permainan, sedangkan Piala Naismith adalah impian untuk semua tim yang berpartisipasi di Piala Dunia. Angka "23" mewakili tahun di mana sorotan akan bersinar di tiga negara tuan rumah: Filipina, Jepang, dan Indonesia.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PB Perbasi ) Danny Kosasih menyambut baik peluncuran tersebut.

Menurutnya, peresmian logo ini sebagai langkah awal dari untuk ketiga negara dalam mempersiapkan diri jelang Piala Dunia Basket 2023 tersebut.

"Ini adalah langkah awal yang menarik untuk ketiga negara tuan rumah, FIBA, dan para penggemar bola basket di seluruh dunia. Lambang ini tentunya mewakili semangat ketiga negara tuan rumah untuk bersatu dan bekerja sama memberikan pengalaman kejuaraan bola basket terbaik yang pernah dimiliki penggemar," kata Danny.

"Pada kesempatan istimewa ini, kami juga ingin meminta penggemar bola basket di seluruh dunia untuk menjadi bagian dari acara luar biasa ini dengan mengambil bagian dalam Kampanye #DontMissABeat. Bergabunglah dengan kami dan jadilah bagian dari acara bersejarah ini," ajak dia.

Hal serupa diamini petinggi Federasi Basket Filipina Manuel V.Pangilinan. Menurutnya, Filipina bangga bisa menjadi bagian dari tonggak penting dalam olahraga bola basket bersama Indonesia dan Jepang.

"Kami berharap dapat memperluas merek keramahtamahan ini kepada tim yang berpartisipasi, kepada delegasi kongres dunia, dan kepada banyak pengunjung yang diharapkan untuk datang - sesuai dengan esensi dari logo yang kami luncurkan hari ini - hati, puso dari Filipina," kata Manuel yang juga anggota Dewan Pusat FIBA.

"Presiden Filipina kami Rodrigo Roa Duterte menyatakan dukungannya untuk menjadikan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 sukses dan kami ingin acara ini bisa menjadi momen yang membanggakan dan bermartabat bagi negara kami.," imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Asosiasi Bola Basket Jepang Yuko Mitsuya menyatakan kebahagiaannya menjadi bagian dari peluncuran logo resmi Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah, turnamen ini akan diselenggarakan oleh tiga negara. Kami akan melanjutkan bekerja sama dengan FIBA, Filipina, Indonesia, dan kota Okinawa untuk menciptakan momen di mana para penggemar bola basket dari seluruh dunia akan merasakan jantung mereka berdegup kencang dan berbagi keseruan bermain bola basket," kata Yuko.

Kualifikasi Piala Dunia Basket FIBA 2023 akan berlangsung dari November 2021 hingga Februari 2023. Terdapat 80 tim nasional yang bersaing di enam jendela untuk memperebutkan 32 tempat di Piala Dunia. Jendela kualifikasi pertama akan dimainkan dari 22-30 November 2021.



Simak Video "Tumbangkan Mesir, Brasil Melaju ke Semifinal Olimpiade"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)