detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 19 Des 2020 15:33 WIB

'Indonesia Sudah Lolos Piala Asia 2021, Kualifikasi hanya Uji Coba'

Mercy Raya - detikSport
Tim basket putra Korea Selatan dengan menyakinkan membungkam tuan rumah tim putra basket Indonesia dengan skor telak (109-76), yang berlangsung di Sport Mal Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (20/2/2020) malam. 'Indonesia Sudah Lolos Piala Asia 2021, Kualifikasi hanya Uji Coba' (Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta -

Timnas basket Indonesia diklaim telah lolos ke kualifikasi Piala Asia 2021. Laga-laga kualifikasi hanya bagian dari uji coba Andakara Prastawa dkk sebelum turun di pertandingan sesungguhnya.

Informasi kelolosan itu tertulis dalam laman FIBA. Disebutkan bahwa sebagai tuan rumah Piala Asia FIBA 2021, Indonesia kini lolos sebagai salah satu dari 16 tim yang akan bertanding di ajang tersebut.

Mereka bergabung dengan Lebanon dan Bahrain sebagai tim yang telah mengamankan tempat mereka dalam kompetisi tersebut. Ketika dikonfirmasi kepada manajer Timnas basket Indonesia, Fareza Tamrella, tak menepis kabar tersebut.

"Jadi sejak ditetapkan jadi tuan rumah, kami harus tetap menjalankan kualifikasi. Memang sudah pasti lolos bersama Bahrain dan Lebanon. Namun untuk Indonesia, kami jalankan sebagaimana kualifikasi," kata Fareza kepada pewarta, Sabtu (19/12/2020).

"Kalau (kami masuk) peringkat satu atau dua (kualifikasi) kami tidak ikut playoff. Tetapi kalau peringkat tiga kami tetapi ikut playoff. Kendati pun amit-amit peringkat empat, ya tetap masuk, tidak perlu ikut playoff," dia menjelaskan.

Meskipun telah memastikan lolos, Mocha, demikian Fareza Tamrella karib disapa, mengatakan kualifikasi ini tetap penting sebagai uji coba timnya sebelum tampil pada laga sesungguhnya.

Posisi Timnas Basket Indonesia saat ini berada di peringkat tiga klasemen Grup A bersama Filipina, Korea Selatan, dan Thailand. Dari tiga pertandingan yang mereka lakoni, skuad Rajko Toroman baru mengantongi satu kemenangan dan dua kekalahan.

"Sebenarnya ini dijadikan ajang uji coba untuk persiapan menuju FIBA Asia. Dalam delapan bulan ini kami persiapan optimal lah. Apa pun yang terjadi kami sudah lolos, tapi tidak santai juga. Ya, laga internasional ini kami coba lah sejauh mana (bisa bersaing)," dia menegaskan.

(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya