Perbasi Mau Tambah Pemain Naturalisasi Lagi Buat Timnas Basket

Muhammad Robbani - Sport
Selasa, 13 Apr 2021 21:25 WIB
Tim basket putra Korea Selatan dengan menyakinkan membungkam tuan rumah tim putra basket Indonesia dengan skor telak (109-76), yang berlangsung di Sport Mal Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (20/2/2020) malam.
Jumlah pemain naturalisasi di Timnas Basket Indonesia mau ditambah. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Perbasi berencana bakal menambah pemain naturalisasi lagi. Saat ini Perbasi sedang melakukan penjajakan dengan pemain asing lain buat ajang FIBA Asia Cup 2021.

Sebelumnya, Brandon Jawato dan Lester Prosper sudah dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Basket. Kedatangan pemain naturalisasi diharapkan bisa membuat Timnas Basket bisa bersaing kala tampil di FIBA Asia Cup.

Ajang FIBA Cup sendiri bakal digelar di Istora, Senayan, Jakarta, pada 16-28 Agustus mendatang. Karena situasi pandemi COVID-19, ajang dua tahunan itu bakal digelar dengan sistem bubble.

"Kami mempersiapkan pemain baru sekarang, kami sedang menyeleksi sekarang. Kami belum bisa bilang siapa mereka untuk saat ini," kata Wakil Ketua Umum PP Perbasi Francis Wananda dalam jumpa pers, Selasa (13/4/2021).

"Sebenarnya tidak mudah melakukan naturalisasi, tetapi dengan bantuan Kemenpora kami berharap bisa menghadirkan naturalisasi yang bisa menguatkan tim," ujarnya menambahkan.

Selain FIBA Asia Cup, Indonesia juga mendapatkan hak tuan rumah ajang FIBA Piala Dunia 2023. Tapi Indonesia tak sendiri. Ada juga Filipina dan Jepang yang ditunjuk menjadi tuan rumah bersama Indonesia.

Nah pemain-pemain naturalisasi itu nantinya diharapkan bisa memberikan dampak positif buat Timnas Basket. Perbasi mau Indonesia juga lolos ke Piala Dunia.

"Kami punya tim senior dan junior buat Timnas Basket. Pada 2021 (FIBA Asia Cup) akan mix pemain senior dari kualifikasi dan junior dari IBL," tutur Francis.

"2023 (Piala Dunia FIBA) juga akan ada mix. Semoga pemain naturalisasi bisa membantu kami di kualifikasi sehingga kita bisa ke Piala Dunia Basket," ucapnya.



Simak Video "Eng Hian, Sosok Berjasa di Balik Kemenangan Greysia/Apriyani"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/aff)