Start Mei, TC Timnas FIBA Asia Cup Baru Akan Diikuti 5 Pemain

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 24 Apr 2021 16:27 WIB
logo Timnas basket
Pusat latihan timnas basket FIBA Asia Cup 2021 baru akan diikuti lima pemain. (Foto: Mercy Raya/detikSport)
Jakarta -

Pelatnas basket proyeksi FIBA Asia Cup 2021 dijadwalkan bergulir awal Mei mendatang. Rencananya baru lima pemain yang bergabung di tahap pertama.

Kelima pemain itu ialah Yudha Saputra, Ali Bagir Alhadar, Aldy Izzatur Rachman, Dame Diagne (naturalisasi), Serigne Modou Kane (naturalisasi). Menurut manajer Timnas basket Fareza Tamrella sejatinya training camp akan diikuti 16 pebasket muda dan senior.

Namun, kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2021 yang belum rampung sehingga hanya beberapa pemain muda dari Indonesia Patriots saja yang bergabung di tahap pertama.

"Sebenarnya ada Brandon Jawato dan Lester Prosper juga, tapi kemungkinan mereka baru bergabung bersamaan dengan pemain seniornya yang lain," kata Reza kepada detikSport, Sabtu (24/4/2021).

Meskipun hanya diikuti sejumlah pemain, Reza mengaku tak masalah. Toh, pelatih kepala Rajko Toroman juga baru bergabung pada 26 Mei mendatang karena masih berada di Serbia. Makanya, TC nanti hanya akan dipimpin Wahyu Widayat Jati, Johannis Winar, dan Youbel Sondakh.

Sehubungan itu, mereka juga jadi punya waktu untuk menilai kembali nama-nama pemain yang sudah masuk daftar training camp di babak play off nanti. "Karena babak play off, semifinal, dan final itu juga menentukan apakah pemain ini benar-benar layak atau tidak dipanggil TC nanti" ujarnya.

Diketahui, Indonesia akan dihadapkan pada dua kejuaraan bola basket internasional dalam waktu dekat. Indonesia akan bermain di Clark City, Filipina, pada windows ketiga Kualifikasi Piala Asia FIBA pada 16-20 Juni mendatang. Setelah itu, mereka akan tampil di FIBA Asia Cup yang berlangsung pada Agustus, di Jakarta.

"Hasil kualifikasi windows ketiga nanti akan menjadi bahan evaluasi kami dalam menentukan skuad terbaik untuk Agustus mendatang," ucap Reza.

"Jadi sebenarnya yang sudah ada ini belum tentu aman karena kami juga mau lihat yang lain. Tak bisa dipungkiri ada pemain berkembang. Makanya, jika di dalam latihan tidak menunjukkan perkembangan ya akan kami coret," ujarnya.

"Tapi jika memang tim ini sudah yang terbaik ya kami tidak akan memanggil pemain lain. Fokus dengan tim yang sudah ada saja," katanya.



Simak Video "Sorak Sorai Nonton Basket Pantai di Nusa Dua, Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/rin)