Timnas Basket Asah Skill Usai Libur Panjang

Mercy Raya - Sport
Kamis, 20 Mei 2021 10:39 WIB
Perbasi, Latihan Timnas Basket
Timnas Basket Asah Skill Usai Libur Panjang. (Foto: Dok. Perbasi)
Jakarta -

Tim basket proyeksi FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023 langsung menggeber latihan di GBK Arena Senayan usai libur panjang. Latihan berfokus pada pengembangan skill.

Hal itu disampaikan asisten pelatih Timnas Indonesia Wahyu Widayat Jati, yang mengatakan latihan sudah dimulai sejak awal pekan ini dan diikuti lima pemain muda.

Mereka adalah Ali Baghir, Yudha Saputera, Aldi Izzatur, Dame Diagne, dan Serigne Modou Kane. Sebelum latihan, para pemain sudah lebih dulu melakukan tes swab PCR dan hasilnya negatif.

"Materi latihan hingga akhir Mei ini adalah development skill dan pemahaman permainan sebagaimana yang diinginkan Coach Rajko (Toroman)," kata Cacing, panggilan karib Wahyu Widayat Jati dalam rilisnya.

Sepanjang Mei ini, latihan Timnas Basket akan dilakukan satu hari sekali di setiap sore. Latihan diawali dengan stretching kemudian dilanjutkan dengan development skill dan pemahaman strategi bermain menyesuaikan program kepala pelatih Rajko Toroman.

"Di dalam latihan juga mengasah fisik pemain selama 40 menit di awal. Kemudian 30 menit di akhir latihan diisi dengan materi shooting. Setiap latihan, setiap pemain wajib melakukan tembakan 100 kali," ujarnya.

Perbasi, Latihan Timnas BasketLatihan Timnas Basket Foto: Dok. Perbasi

Wahyu berharap para pemain bisa menambah porsi latihannya di luar program guna mempertajam akurasi. Sebab, latihan 100 kali menembak setiap hari sejatinya belum lah cukup.

"Dengan latihan tambahan maka pemain bisa mengejar kemampuan para senior mereka yang baru bergabung pada Juni mendatang."

Saat ini, para pemain senior masih memperkuat klub masing-masing di IBL Pertamax 2021 hingga akhir Mei. Medio Juni nanti gabungan kekuatan muda dan senior ini akan diuji lebih dulu pada Kualifikasi Windows III FIBA Asia Cup 2021 pada 16-20 Juni di Filipina.

Lanjutan kualifikasi ini sedianya tak lagi memengaruhi kedudukan Indonesia di FIBA Asia Cup 2021. Merah-Putih sudah memastikan kelolosannya melalui status tuan rumah ajang bola basket Asia tersebut.

Timnas Basket Indonesia menjadi salah satu dari 16 tim yang akan bertanding di Piala Asia yang berlangsung di Jakarta.

(mcy/krs)