Telan Kekalahan Kedua, Timnas Basket Indonesia Kedodoran Lawan Kazakhstan

Mercy Raya - Sport
Rabu, 25 Agu 2021 13:49 WIB
Timnas basket Indonesia
Timnas Basket Indonesia menelan kekalahan kedua di FIBA 3x3 World Cup. (Foto: dok.Perbasi)
Jakarta -

Timnas basket Indonesia U-18 tumbang saat menjalani laga kedua pool A FIBA 3x3 World Cup. Kali ini, mereka ditaklukkan Kazakhstan.

Dalam pertandingan yang tersaji di Debrecen, Rabu (24/8/2021), Timnas Basket Putera 3x3 Indonesia U-18 kalah 15-17 dari Kazakhstan.

Sepanjang pertandingan memang terjadi susul menyusul poin. Sangat sering perolehan poin sama, namun perjuangan para arjuna muda Indonesia sempat melebarkan poin menjadi 12-9. Ini setelah tembakan luar garis mereka kerap hasilkan poin.

Sayangnya, keunggulan itu tidak berlangsung lama karena pemain Kazakhstan berusaha mengejar, bahkan membalikkan keadaan menjadi unggul 15-12 saat pertandingan sisakan satu menit. Sempat menyamakan 15-15, Indonesia dibuyarkan tembakan dua angka Kirill Kirosovskiy sehingga Rafael Pasha dkk menyerah 15-17.

Team delegate Timnas basket putera 3x3 Indonesia Syafiq Ali Mubarok mengatakan, kekalahan yang harus diterima tim Indonesia karena stamina mulai kedodoran.

Ini imbas dari terbatasnya waktu istirahat dari satu pertandingan ke pertandingan berikutnya. Sebab, sebelum main melawan Kazakhstan pukul 21.05 WIB, mereka sebelumnya berhadapan melawan Brasil pukul 19.40 WIB.

"Stamina agak turun karena kita rest antargame lebih sebentar dibanding lawan. Shot selection kurang baik," terang Syafiq dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/8/2021).

Sementara salah satu penggawa Timnas basket 3x3 putera U-18 Rafael Pasha mengaku mendapatkan banyak pelajaran dari dua pertandingan di hari pertama Pool A ini. Menurutnya, perbedaan size memang pengaruh dalam bola basket.

"Kami sudah usaha sebaik mungkin, akan tetapi di akhir-akhir menit kita melakukan kesalahan fatal yang membual lawan jadi bisa membalikkan keadaan. Dalam event sekelas World Cup untuk menjadi pemenang harus perfect dan tidak melakukan kesalahan," ucap Rafael.

Kekalahan ini merupakan kali kedua untuk Timmas di ajang World Cup. Sebelumnya, Timnas basket Merah Putih juga tumbang saat berhadapan dengan Brasil pada laga perdana Pool A FIBA 3x3 World Cup U-18, pada hari yang sama. Timnas Basket Indonesia kalah dengan skor 9-16.

Setelah pertandingan ini, Timnas Basket Putera 3x3 Indonesia masih punya dua pertandingan lagi untuk berjuang dapatkan tiket semifinal. Pada 26 Agustus nanti mereka akan berhadapan melawan Ukraina.



Simak Video "Bagnaia Tercepat di Tes MotoGP Misano "
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)