Perbasi Tambah 3 Pemain Naturalisasi buat Timnas Basket

Muhammad Robbani - Sport
Senin, 19 Jul 2021 20:25 WIB
Tiga pebasket, Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden, sudah dinaturalisasi, bisa membela Timnas Basket Indonesia.
Tiga pebasket, Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden, sudah dinaturalisasi, bisa membela Timnas Basket Indonesia. (Foto: dok.Perbasi:
Jakarta -

PP Perbasi mengumumkan bahwa Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden sudah dinaturalisasi. Ketiganya bakal memperkuat Timnas Basket Indonesia.

Mereka sudah diambil sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Aula Lantai 4 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Senin (19/7/2021), siang, WIB. Selain itu mereka juga menjalani prosesi menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Dipimpin Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Ibnu Chuldun, pembacaan naskah pelantikan serta pembacaan janji setia kepada Negara juga dilakukan. Saat pengambilan sumpah, ketiganya mengenakan setelan jas hitam.

Selain itu, kemeja putih dan dasi warna merah, juga mewarnai prosesi pengambilan sumpah. Karena masih dalam masa pandemi, mereka melengkapi diri dengan mengenakan masker dan sarung tangan putih sebagai bentuk menegakkan protokol kesehatan.

"Mereka sangat bahagia dan bangga sudah resmi menjadi WNI. Mereka bertekad akan memberikan segala kemampuannya di lapangan untuk Indonesia dan berusaha semaksimal mungkin untuk membawa Indonesia menjadi tim yang diperhitungkan di level internasional," kata Manajer Timnas Bola Basket Indonesia Maulana Fareza Tamrella dalam rilis PP PBSI.

Dikatakan pria yang karib disapa Mocha itu, ketiga kontribusi pemain naturalisasi ini akan dilihat pada ajang FIBA Asia Cup 2021 Agustus nanti. Mereka akan berkolaborasi dengan Lester Prosper dan Brandon Jawato. Kedua nama terakhir juga bergabung Timnas Basket Indonesia melalui jalur naturalisasi.

Sebelum diambil sumpahnya, mereka sudah berlatih bersama Timnas Bola Basket Indonesia dalam persiapan FIBA Asia Cup 2021. Bahkan Prosper dan Jawato sudah pernah membela Merah Putih pada ajang Kualifikasi FIBA Asia Cup.

"Dengan bergabungnya ketiga naturalisasi ini, kami sangat optimistis bisa bermain di FIBA World Cup 2023 dengan menembus peringkat delapan di FIBA Asia Cup nanti," tegas Mocha.

Saat pengambilan sumpah, Manajer Maulana Fareza Tamrella ikut mendampingi ketiga pemain naturalisasi tersebut. Hadir pula Wakil Sekjen PP Perbasi Achmad Ferdy Zain.

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi menyambut baik naturalisasi duo Senegal Dame Diagne dan Serigne Modou Kane yang masih di bawah 16 tahun. Kemudian juga Marques Bolden yang kelahiran Texas 17 April 1998.

"Kami senang mereka sudah menjadi WNI. Kami sangat yakin bisa bersaing dan bawa bangga Indonesia dengan suntikan tenaga segar dari mereka," ucap Nirmala.

(cas/ran)