Pemain Timnas Basket Rela Turun di 3X3 PON Papua untuk Jatim

Esti Widiyana - Sport
Jumat, 03 Sep 2021 11:40 WIB
Widyanta Putra Teja
Widyanta Putra Teja membela Jawa Timur di PON 2020 Papua. (Foto: dok.Istimewa)
Surabaya -

Pemain Timnas Basket Widyanta Putra Teja ingin membela Jawa Timur di PON 2020 Papua. Dia ingin membalas budi ke daerah asalnya.

Widy merupakan pebasket asal Surabaya. Dia akan bermain 3x3 atau 3 on 3 mewakili Jawa Timur, karena terkendala masalah umur.

Sebelumnya, Widy pernah membela skuad Basket Jawa Timur di PON Jawa Barat 2016.

"Untuk PON, saya ingin membawa kebangaan untuk Jawa Timur. Tempat ini sudah kasih banyak untuk saya, sekarang saya mau balas itu dengan medali emas," kata Widy, Jumat (3/9/2021).

Widy ingin sekali menebus kegagalan pada PON Jabar 2016. Saat itu, Jatim harus puas meraih perak. Mereka karena harus kalah dengan tim tuan rumah Jawa Barat.

"Dapat kesempatan kedua untuk menebus medali emas, saya tak mau buang percuma. Walau di 3x3, saya ingin meraih hasil maksimal," kata Widy.

Sebelumnya, di tahun 2016, 3X3 masih menjadi cabang olah raga eksibisi. Namun di tahun 2021 ini, 3X3 secara resmi menjadi salah satu nomor di cabang olah raga basket selain beregu putra dan putri.

"Harapan ini sekaligus merupakan sebuah peluang. Peluang bagi para pebasket di Indonesia untuk menseriusi cabang ini dan tampil sebagai sosok-sosok baru yang menorehkan prestasi," kata Widy mengharapkan.

PON 2020 akan berlangsung pada 2-15 Oktober. Sebanyak 37 cabang olahraga dipertandingkan di ajang yang berlangsung di Bumi Cenderawasih ini.



Simak Video "Borong Dagangan Pedagang di Banyuwangi, Sandiaga Didoakan Jadi Presiden"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)