Indonesia Bangun Venue Baru buat Piala Dunia Basket FIBA World Cup 2023

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 06 Nov 2021 16:40 WIB
SALT LAKE CITY, UT - OCTOBER 2: General view of a NBA referee holding a game ball at Vivint Smart Home Arena on October 2, 2017 in Salt Lake City, Utah. NOTE TO USER: User expressly acknowledges and agrees that, by downloading and or using this photograph, User is consenting to the terms and conditions of the Getty Images License Agreement. (Photo by Gene Sweeney Jr./Getty Images) *** Local Caption ***
Foto: Gene Sweeney Jr./Getty Images
Jakarta -

Indonesia bakal membangun venue baru untuk Piala Dunia Basket FIBA World Cup 2023, menyusul tidak adanya stadion yang memiliki standar Internasional. Lokasinya di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi mengatakan peletakan batu pertama rencananya dilakukan bulan depan, di atas lahan yang saat ini digunakan sebagai landasan helikopter.

"Sejauh ini timeline pembangunan venue baru masih sesuai dengan agenda kami. Awal bulan depan (Desember) diharapkan sudah peletakan batu pertama," kata Nirmala dalam rilis Perbasi.

Menurut Nirmala, peletakan batu pertama bisa dilakukan karena proses pengerjaan venue tersebut sudah melewati fase lelang di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR). Dengan begitu pengerjaan venue itu sudah ada kontraktornya.

"Jika semua sesuai rencana maka pembangunan arena ini diharapkan sudah selesai pada Januari 2023 dan berpeluang digunakan test event lebih dulu sebelum FIBA World Cup 202," ujarnya.

Sebab venue yang akan dibangun kelas dunia, maka kapasitas penonton pun bakal menyesuaikan dan menampung hingga 16.000 penonton. Dengan kapasitas ini tentu akan menempatkan venue tersebut sebagai tempat pertandingan dengan penonton terbanyak yang pernah dimiliki Indonesia.

Bagaimana situasi dan kondisi venue yang sudah ada saat ini? Simak halaman selanjutnya.