Hangtuah Jakarta Senang Bisa Balik Kandang Lagi

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 24 Nov 2021 06:00 WIB
Hangtuah Jakarta kembali bermarkas di Bango, Jakarta, untuk IBL 2022
Hangtuah Jakarta senang bisa berkandang lagi di ibukota (dok.Hangtuah Jakarta)
Jakarta -

Hangtuah Jakarta akhirnya berkandang lagi di ibukota setelah setahun jadi musafir. Ini bisa meningkatkan kepercayaan diri pemain jelang IBL 2022.

Hangtuah meraih hasil buruk di kompetisi IBL musim lalu yang menggunakan sistem bubble. Hangtuah finis juru kunci di divisi putih dengan hanya dua kemenangan.

Dari 12 tim yang berlaga, Hangtuah cuma ada di posisi ke-11. Ini tak lepas dari kondisi Indonesia yang dilanda pandemi COVID-19 sehingga Hangtuah tidak bisa berlatih di Jakarta. Kelly Purwanto dkk. harus jadi "musafir" karena terus berganti lapangan, yang diakui membuat performa tidak maksimal.

Menjelang IBL 2022 yang dimulai Januari, Hangtuah dalam situasi yang lebih kondusif. Sebab, kebijakan PPKM mulai dilonggarkan menyusul pandemi yang mulai terkendali dan juga tingkat vaksinasi yang sudah merata, terutama di Jadodetabek.

Maka dari itu, Hangtuah pun bisa kembali lagi bermarkas di daerah Bango, Jakarta Selatan.

"Dengan pertimbangan tersebut, manajemen memutuskan tim akan kembali berlatih di Bango," kata Muhammad Kerry Adrianto Riza selaku Komisaris Utama Hangtuah Jakarta dalam rilis kepada detikSport.

"Tentunya hasil musim lalu menjadi evaluasi hingga akhirnya kami kembali berlatih di Bango. Berbeda dengan lapangan tempat tim berlatih musim lalu, fasilitas latihan di markas kami terbilang komplet. Lantai lapangan latihan kami pun berstandar internasional," sambung Riza.

Hangtuah Jakarta kembali bermarkas di Bango, Jakarta, untuk IBL 2022Hangtuah Jakarta kembali bermarkas di Bango, Jakarta, untuk IBL 2022 Foto: dok.Hangtuah Jakarta

Homebase Hangtuah termasuk salah satu yang terlengkap di antara para peserta IBL. Selain punya lapangan latihan sendiri, fasilitas yang ada juga mumpuni. Selain lantai lapangan yang memenuhi standar FIBA, markas Hangtuah tersebut juga dilengkapi kamar ganti, sejumlah papan dan ring basket, serta bersifat tertutup sehingga latihan tetap bisa dihelat dalam kondisi cuaca buruk.

Hal ini pun membuat para pemain bisa berlatih dengan nyaman dan bagus untuk membangun mood jelang IBL 2022. Apalagi Hangtuah sudah melakukan perombakan tim dengan merekrut AF Rinaldo, mantan pelatih NSH Gold Mountain dan juga menggaet LaQuavius Cotton yang pernah bermain di tim pada 2020.

"Perhatian manajemen juga begitu baik. Ketika saya bergabung dengan klub ini, saya mendapat perlakuan yang lebih baik saat latihan, di antaranya ketersediaan buah-buahan dan nutrisi pelengkap jika kami seusai berlatih," kata I Putu Yudi Antara atau akrab disapa Onge yang musim lalu membela Bali United.

"Lapangan latihan Hangtuah juga lengkap dan kami bisa berlatih small game karena ketersediaan sejumlah ring," tambah rookie Saddam Asyruna.

Pada IBL 2022, Hangtuah Jakarta tergabung di Divisi Putih bersama Pelita Jaya Jakarta, Dewa United Surabaya, Prawira Bandung, Bali United Basketball, NSH Mountain Gold Timika, Rans PIK Basketball, dan EVOS Bogor Basketball. IBL dimulai pada 13 Januari 2022 di Hall Basket Senayan.

(mrp/nds)