Adaptasi IBL 2022, Hangtuah Ujicoba Siang Hari

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 15 Des 2021 00:10 WIB
Hangtuah Jakarta
Hangtuah adaptasi jam tipoff IBL 2022 pada laga ujicoba (dok.Hangtuah Jakarta)
Jakarta -

Hangtuah Jakarta terus mempersiapkan diri jelang Indonesia Basketball League (IBL) 2022. Salah satunya dengan mengadakan latih tanding siang hari.

IBL 2022 rencananya akan memulai putaran pertama di Jakarta, 13 Januari. Nah, panitia IBL kemungkinan akan menggelar pertandingan mulai siang hari, sekitar pukul 13.00 WIB atau 14.00 WIB.

Oleh karenanya, Hangtuah mengubah jadwal latihannya, dari yang biasanya pukul 09.00 hingga 12.00 WIB, menjadi pukul 14.00 hingga 17.00 WIB. Ini dilakukan demi memperlancar proses adaptasi saat liga dimulai.

Jadwal baru itu sudah diterapkan saat berujicoba kontra Tangerang Hawks di kompleks latihan, Jalan Bango, Jakarta Selatan, Selasa (14/12/2021). Ini jadi latih tanding kedua Hangtuah, setelah kontra Bumi Borneo Pontianak dua pekan lalu.

"Ini dilakukan agar pemain bisa menyesuaikan jam tanding di IBL. Ya, IBL tentu tidak ada pertandingan yang berlangsung pada pagi hari. Game paling awal di liga profesional biasanya berlangsung pada 13.00 WIB atau 14.00 WIB. Walaupun, terkadang ada pertandingan yang mulai berlangsung pada 12.00 WIB," ujar pelatih Hangtuah, AF Rinaldo, dalam rilis kepada detikSport.

"Jadi sekarang, jam biologis para pemain sudah mulai harus disesuaikan dengan jadwal IBL. IBL kan biasanya dimulai pada siang hari. Saat ini kami mulai berlatih siang, dan saat ini, kami melakukan latih tanding melawan Hawks juga pada siang hari," sambung pria yang akrab disapai Inal itu.

Pada pertandingan kontra Tangerang Hawks, Hangtuah menang dengan skor 74-52. Pada pertandingan itu Stevan Wilfredo Neno membuat 16 poin disusul Sevly Rondonuwu dan Gunawan dengan 15 poin.

Hangtuah berhasil menekan jumlah turnovers menjadi hanya empat, dari sebelumnya saat menghadapi Bumi Borneo sebanyak 16 kali.

Hangtuah JakartaHangtuah Jakarta kalahkan Tangerang Wolves dalam laga ujicoba, Selasa (14/12/2021) Foto: dok.Hangtuah Jakarta

Hal ini membuat Rinaldo puas. Apalagi Hangtuah bisa memaksa Hawks melakukan 15 kali turnover dan semuanya berhasil dikonversi jadi poin.

"Setiap uji coba saya menargetkan jumlah turnovers maksimal 14. Namun kali ini, anak-anak cuma melakukan enam. Ini sangat bagus tentunya," papar Rinaldo.

"Poin dari turnovers juga sangat tinggi. Dan ini jelas memuaskan dan harus dipertahankan."

Sementara itu, Neno tidak puas dengan performanya pada laga itu karena akurasi tembakan tiga angkanya tidak begitu bagus. Ada dua pemain Hangtuah yang absen di ujicoba itu, yakni Putu Yudiantara dan Tifan Eka Pradita, karena gangguan pada lututnya.

"Tadi ada beberapa peluang three point dalam posisi open yang gagal saya eksekusi," kata Neno.

Setelah ini, Hangtuah Jakarta akan berujicoba kontra semifinalis IBL tahun lalu, West Bandits Combhipar Solo, Kamis (16/12) yang dimulai pukul 14.00 WIB.

(mrp/ran)