Jahil! Pelatih NBA Ini Didenda Rp 143 Juta karena Ikutan Main

Adhi Prasetya - Sport
Sabtu, 22 Jan 2022 13:00 WIB
Minnesota Timberwolves assistant head coach David Vanterpool in the second half of an NBA basketball game Friday, Dec. 20, 2019, in Denver. The Nuggets won 109-100. (AP Photo/David Zalubowski)
Vanterpool didenda 10 ribu Dolar karena ulah jahilnya. Foto: AP/David Zalubowski
Washington -

Asisten pelatih Brooklyn Nets, David Vanterpool didenda 143 juta Rupiah karena mengganggu laga timnya menghadapi Washington Wizards. Ia dengan jahil malah menahan passing yang dilepaskan Spencer Dinwiddie.

Laga NBA antara Wizards vs Nets berlangsung di Capital One Arena, Kamis (20/1/2022) pagi WIB dan dimenangi Nets dengan skor tipis 119-118. Namun ada kejadian tak menyenangkan muncul di pertengahan kuarter akhir.

Saat itu laga menyisakan enam menit, dan Wizards sedang tertinggal 103-109. Wizards ingin menyerang, dan saat itu Dinwiddie tengah memegang bola. Ia hendak mengumpan bola kepada Kyle Kuzma di sisi kiri court.

Kebetulan, di sisi kiri luar adalah bangku cadangan Nets, dengan pelatih Steve Nash dan Vanterpool sedang berdiri di pinggir lapangan. Sekilas, tak ada yang aneh.

Namun ketika Dinwiddie sudah melempar bola, Vanterpool dengan sengaja menggerakkan tangannya dan menyentuh bola, membuat Wizards kehilangan penguasaan bola. Para pemain Wizards protes, namun rupanya wasit luput akan hal tersebut.

Apesnya, pelatih Wizards Joseph Blair juga tak bisa melakukan challenge karena jatahnya sudah habis, sehingga tak ada pilihan lain selain melanjutkan pertandingan.

Meski pelanggaran tersebut lolos dari pengamatan wasit sepanjang laga, Vanterpool akhirnya tetap dihukum oleh NBA. Ia diganjar denda 10 ribu Dolar atau sekitar 143 juta Rupiah. Nets juga kena getahnya, dan dijatuhi denda 25 ribu Dolar atau sekitar 358 juta Rupiah.

"Reaksi saya ada benar-benar sulit dipercaya. Sudah lama saya tak pernah melihat kejadian seperti itu, dan wasit tak melihatnya," protes Blair mengenai insiden tersebut, seperti dikutip BBC.

(adp/bay)