Hasil Studi: ONE Championship Jadi Olahraga Terpopuler di Medsos Ini

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 18 Jan 2022 20:30 WIB
ONE Championship: ONE WINTER WARRIORS
ONE Championship jadi olahraga terpopuler di Facebook sepanjang 2021 (dok.ONE Championship)
Singapura -

ONE Championship mengejutkan dunia maya. Sebab menurut studi, ajang tarung bebas itu lebih populer ketimbang UFC dan Liga Champions. Kok bisa?

Jika Anda kaget, maka silakan baca data yang dihimpun oleh Facebook dan Crowdtangle, bahwa ONE Championship jadi acara olahraga dengan pengunjung tertinggi sepanjang 2021.

Sepanjang tahun lalu, video yang dimiliki ONE meraih 8,84 miliar penonton di platform milik Mark Zuckerberg tersebut. Jaraknya dengan WWE di posisi kedua pun terbilang jauh, berbeda hampir 1 miliar penonton. hampir satu miliar lebih tinggi dari video milik WWE yang berada di peringkat kedua.

Di peringkat ketiga ada International Cricket Council (ICC) dengan 2,81 miliar penonton. Sementara itu, peringkat keempat dan kelima ditempati oleh NBA dan UFC yang dengan jumlah penonton masing-masing setinggi 1,86 miliar dan 1,65 miliar.

Padahal secara statistik jumlah pengikut di laman resmi Facebook masing-masing olahraga tersebut, ONE Championship cuma punya 32 juta pengikut. Sementara WWE punya 64,5 juta pengikut dan Liga Champions punya 76 juta pengikut.

Hal ini membuktikan bahwa cara yang dipakai oleh ONE Championship untuk memasarkan produknya terutama di wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur terbilang manjur.

"Merupakan sebuah kehormatan untuk diakui sebagai properti olahraga nomor satu di dunia dalam hal organic video views di Facebook sepanjang 2021. Sekali lagi, kami tidak akan mampu meraih prestasi ini tanpa (dukungan) fans terbaik dari seluruh dunia dan tim superstar kami di ONE Championship. Meski data ini menggambarkan sebuah pencapaian luar biasa, kami akan meraih capaian lebih tinggi lagi di 2022," ungkap Chatri Sityodtong selaku CEO dan Chairman ONE Championship dalam rilis kepada detikSport.

Data Facebook ONE ChampionshipData Facebook ONE Championship Foto: Istimewa

Dengan ini, maka ONE Championship merajai Facebook di antara lebih dari 5.000 properti media lainnya di dunia. Sepanjang tahun lalu, rata-rata ONE mengunggah 10,79 video per hari.

Dalam hal interaksi dengan pengikut, total postingan ONE mendapat 64,42 juta interaksi, satu strip di bawah Liga Champions yang mendapat 78,01 juta interaksi.

Ada banyak ONE di Facebook yang meraih total puluhan hingga ratusan juta penonton, seperti video tendangan Superbon yang menumbangkan Giorgio Petrosyan pada October lalu, yang telah dilihat selama 40 juta kali.

Lalu, ada video aksi Rodtang Jitmuangnon mendapat total 60 juta view. Khusus dalam lingkup olahraga tarung bebas, angka yang dimiliki ONE Championship hampir delapan kali lebih tinggi dari UFC. Sementara di peringkat ketiga ada Bellator dengan angka view 115,57 juta, disusul PFL dengan torehan 88,54 juta.



Simak Video "Tuchel Siap Sopiri Pemain Chelsea Naik Bus ke Lille"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/bay)