IBL 2022: Jangan Cepat Puas, Hangtuah!

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 23 Jan 2022 03:31 WIB
Amartha Hangtuah sapu bersih empat kemenangan di seri pertama IBL 2022
Amartha Hangtuah sapu bersih seri pertama IBL 2022 (dok.Amartha Hangtuah)
Jakarta -

Amartha Hangtuah memulai Indonesia Basketball League (IBL) 2022 dengan mantap usai menyapu bersih seluruh laga. Tapi hal itu tak membuat Hangtuah puas, karena ini barulah awal.

Setelah tahun lalu terpuruk karena berada di posisi dua terbawah klasemen IBL, Hangtuah memang berbenah banyak sepanjang pramusim. Salah satunya dengan merekrut AF Rinaldo sebagai pelatih baru.

Program latihan pun ditingkatkan sebelum IBL 2022 dimulai 13 Januari, sekaligus mendatangkan dua pemain asing. Hasilnya pun langsung terlihat pada seri pertama IBL 2022 yang baru tuntas, Sabtu (22/1) malam WIB tadi.

Hangtuah jadi salah satu dari tiga tim dengan catatan sempurna di empat laga awal. Mereka berhasil mengalankan Satya Wacana Salatiga, Bima Perkasa Yogyakarta, Indonesia Patriots, dan terakhir Tangeran Hawks.

Total delapan poin yang dikumpulkan sudah bikin para pemain puas, karena Hangtuah bisa menjawab keraguan publik terkait sepak terjang musim ini. Kehadiran Rinaldo sebagai kunci penting di balik performa mantap tersebut.

Amartha Hangtuah sapu bersih empat kemenangan di seri pertama IBL 2022Amartha Hangtuah sapu bersih empat kemenangan di seri pertama IBL 2022 Foto: dok.Amartha Hangtuah

"Kami menjadi lebih tahu komposisi dari masing-masing pemain dalam permainan. Selain itu, dari sisi defense, kami semakin baik dan rapi," tutur kapten Hangtuah, Gunawan, seusai laga versus Tangerang Hawks, Sabtu (22/1/2022).

Pernyataan Gunawan itu diamini Chairman Eddi Danusaputro. Menurut dia, harapan untuk melihat Hangtuah tampil oke terbuka lebar, karena adanya Coach Inal, sapaan akrab AF Rinaldo.

Apalagi Hangtuah tidak punya pemain bintang selevel timnas sehingga kerjasama tim jadi senjata utamanya.

"Kami adalah salah satu klub yang tidak memiliki pemain di level timnas. Jadi, kami harus bermain sebagai sebuah kesatuan dengan mengutamakan teamwork dan fighting spirit dalam sebuah sistem. Itu yang sudah mulai terlihat," ujar Eddi.

Kendati demikian, baik Gunawan maupun Eddi melihat bahwa Seri Pertama baru awal dan Hangtuah tak mau terlena. Sebab, lawan berat sudah menunggu pada seri kedua di Bandung yang dimulai 29 Januari.

Pada gim pertama di seri kedua, Amartha Hangtuah menghadapi West Bandits Combhipar.

"Kita tidak punya banyak waktu bersantai. Pemain cuma akan berlibur satu hari dan Senin mereka sudah latihan lagi untuk persiapan Seri 2," papar Leonardo Niki sebagai manajer tim.

(mrp/raw)