Rajko Toroman Pantau IBL 2022 untuk Piala Dunia Basket FIBA World Cup

Mercy Raya - Sport
Rabu, 26 Jan 2022 18:30 WIB
Pelatih Timnas basket Indonesia Rajko Toroman memantau pemain di IBL 2022.
Foto: Dok. PP Perbasi
Jakarta -

Pelatih Timnas basket Indonesia Rajko Toroman terus memantau para pemain yang akan dipilih untuk mengikuti kualifikasi FIBA World Cup window II. Kompetisi IBL 2022 menjadi tempatnya memantau pemain.

Menilik jadwal, Timnas Indonesia akan menghadapi Arab Saudi pada 24 Februari. Kemudian Yordania pada tiga hari berikutnya. Indonesia wajib menang untuk memperbaiki posisi klasemen Grup C.

Saat ini, Merah Putih berada di peringkat empat dengan perolehan 2 pioin setelah menelan dua kekalahan dari Lebanon pada window pertama. Timnas menyerah setelah dilibas dengan skor 38-96 di pertemuan pertama dan takluk 64-110 pada laga kedua.

Memperbaiki hasil minor tersebut, Toroman ingin mendapatkan pemain-pemain terbaik guna mengisi komposisi skuad terbaiknya. Nah mumpung ada kompetisi, ia pun berharap bisa mendapatkan pemain yang sesuai keinginannya.

Hal itu disampaikan Manajer Timnas Basket Indonesia Fareza Tamrella, yang menyebut Toroman sudah melakukan pemantauan sejak seri I Jakarta.

"Pemantauan akan terus dilakukan sampai seri Bandung untuk melihat perkembangan," kata Fareza dalam rilisnya, Rabu (26/1/2022).

Adapun pencarian hanya dilakukan hingga seri II Bandung karena nama-nama yang akan dipanggil untuk perkuat Timnas akan diumumkan setelah liga seri kedua rampung digelar atau 5 Februari.

Pada TC nanti, lanjut Fareza, Rajko Toroman akan memanggil 15 pemain dan memulai training center (TC) di Jogjakarta pada 10-16 Februari mendatang.

"Jadi setelah tanding memperkuat masing-masing klub, para pemain terbaik Indonesia langsung gabung timnas. Setelah kumpul, mereka langsung menatap pertandingan di Window II Kualifikasi FIBA World Cup 2023 melawan tuan rumah Arab Saudi (24/2) dan tiga hari kemudian menantang tuan rumah Yordania."

"Yogyakarta dijadikan tempat untuk TC supaya bisa langsung dimulai latihan setelah para pemain timnas yang beres bertanding dengan timnya," imbuhnya.

(mcy/krs)