Kualifikasi FIBA World Cup 2023: Perbasi Panggil 21 Pemain

Mercy Raya - Sport
Kamis, 10 Feb 2022 13:00 WIB
Timnas Basket
Foto: (dok Perbasi)
Jakarta -

PP Perbasi memanggil 21 pemain menuju kualifikasi FIBA World Cup 2023. Dari total jumlah itu, Induk organisasi bola basket nasional juga memanggil tiga pemainnya dari luar negeri.

Timnas basket akan menjalani kualifikasi Window II FIBA World Cup 2023 yang berlangsung di Arab Saudi, mulai 24 sampai 27 Februari ini. Menatap ajang itu, Perbasi melalui Badan Tim Nasional (BTN) memanggil kembali para pemainnya guna dipersiapkan di dalam training camp di Jakarta, sejak Rabu (9/2) kemarin.

"Total ada 21 pemain untuk TC kali ini tapi yang berangkat ke Arab nanti 12 pemain. Kami sengaja memanggil nama sebanyak ini untuk jaga-jaga misal di perjalanan ada yang positif atau cedera," kata Sekretaris BTN Cyrus Harsaningtyas dalam rilis Perbasi yang diterima detikSport.

Tak hanya memanggil pemain dari kompetisi Indonesia Basketball League (IBL). Timnas bakset Indonesia juga diperkuat pemain yang ada di luar negeri. Di antaranya Lester Prosper, Brandon Jawato, dan Agassi Goentara. Ketiganya sudah tiba di Jakarta dan akan dipastikan membela Timnas di bulan ini.

Training camp sendiri semula akan dilangsungkan di Yogyakarta usai Seri III IBL Tokopedia 2022 yang dijadwalkan pada 10-16 Februari 2022. Namun, menyusul kondisi kompetini terkini, yakni pemberhentian liga sementara sampai awal Maret, maka jadwal TC (Training Camp) pun ikut berubah.

"Per tanggal 9 Februari, semua pemain yang dipanggil TC masuk hotel untuk diinapkan di sana sampai keberangkatan tim ke Arab Saudi pada Minggu (20/2) malam," ujarnya.

Selama mempersiapkan diri di Jakarta, Timnas basket Indonesia menerapkan protokol kesehatan sangat ketat. Selama tinggal di hotel, para pemain dan ofisial tim tidak bisa berinteraksi secara fisik dengan penghuni hotel lainnya. Demikian juga selama latihan.

"Jadi kami punya dua dedicated floor agar tidak bercampur dengan tamu lainnya di hotel. Kami juga akan diberikan dedicated elevator dan tempat pemain dan official makan pun akan diatur sedemikian rupa di lantai yang khusus untuk para pemain dan official Timnas," Cyrus menjelaskan.

"Sementara untuk tempat latihan akan tetap dilakukan di GBK Arena dengan menggunakan dedicated bus untuk transportasinya," imbuhnya.

Daftar 21 Pemain TC untuk Window II FIBA World Cup 2023:

1. Lester Prosper
2. Kelvin Sanjaya
3. Kevin Yonas
4. Juan Laurent
5. Brandon Jawato
6. Agassi Goantara
7. Andhakara Prastawa
8. David Nuban
9. Aldy Izzatur Rahman
10. Neo Pande
11. Widyantara Putra Teja
12. Arki Wisnu
13. Ali Bagir
14. Abraham Damar
15. Vincent Kosasih
16. Muhammad Arighi
17. Yudha Saputra
18. Sandy Ibrahim
19. Indra Muhammad
20. Ikram Fadhil
21. Hardianus Lakudu

(mcy/aff)