Timnas Basket 3x3 Diharapkan Naik Kelas di SEA Games 2021

Mercy Raya - Sport
Rabu, 06 Apr 2022 17:50 WIB
Timnas Basket 3x3
Foto: (dok Perbasi)
Jakarta -

Timnas basket 3x3 diharapkan mampu naik kelas di SEA Games 2021. Setelah edisi sebelumnya menyabet perak, tahun ini Merah Putih wajib raih emas.

Seperti diketahui, delapan pemain telah menjalani pemusatan latihan di Hall Basket Senayan hingga 6 Mei mendatang. Mereka ialah Kevin Moses Eliazer Poetiray, Nickson Damar Gosal, Dame Diagne, Mohammad Sandy Ibrahim Azis, Jamarr Andre Johnson, Surliyadin, Oki Wira Sanjaya, dan Julian Alexandre Chalias.

Selama menjalani program latihan, tim juga diagendakan melakoni sejumlah uji coba yaitu kegiatan ASEAN Basketball League (ABL) 3x3 Tournament di Bali pada 16-17 April ini. Kejuaraan itu menjadi ajang uji coba yang bisa dilakukan sebelum SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

"Timnas 3x3 Putra sudah mulai latihan. Tim yang pada SEA Games lalu mendapatkan perak, minimal nanti bisa mempertahankan tapi kalau bisa naik satu step lebih baik," kata Ketum PP PERBASI Danny Kosasih dalam rilisnya Rabu (6/4/2022).

Menurut Danny, bolabasket 3x3 tidak boleh dipandang sebelah mata. Anggapan bahwa pemain 3x3 adalah pemain buangan dari 5x5 harus dikesampingkan. Apalagi PP PERBASI memberikan perhatian besar terhadap 3x3. Langkah itu dimulai dengan menyiapkan atlet muda di kategori ini. Mulai dari U-16 hingga U-18.

"Dengan begitu, 3x3 tidak akan kehabisan stok pemain ke depannya. Mengingat, 3x3 berbeda sistem dengan 5x5," tutur Danny.

Salah satu pemain senior di Timnas 3x3, Surliyadin, senang dengan terobosan PP PERBASI. Apalagi delapan pemain yang masuk daftar panggil ini merupakan percampuran pemain muda dan senior.

"Perpaduan antara pemain muda dan senior ini, menurut saya sangat bagus untuk perkembangan masa depan 3x3 Indonesia," kata Surliyadin yang pada SEA Games 2019 turut mempersembahkan medali perak.

Untuk persaingan di SEA Games Vietnam nanti, lanjut pemain Bali United berusia 31 tahun ini, semua negara memiliki peluang yang sama. Semua negara pasti telah persiapkan tim semaksimal mungkin setelah belajar pada pelaksanaan sebelumnya.

"Dengan persiapan sebulan ini mudah-mudahan bisa tercapai target kita dan bisa lebih baik dari capaian 2019," terang Surliyadin

Sementara itu, Manajer Timnas 3x3 Putra Ferri Jufry optimistis timnya mampu mewujudkan target yang dipatok PP Perbasi. "Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapatkan hasil lebih bagus, yaitu medali emas. Kami sangat percaya itu karena pemain yang ada saat ini dalam kondisi siap main," tukas Ferri.

Menurut Ferri, dengan kondisi seperti itu, para pemain tinggal memfokuskan pada pemantapan kerja sama tim agar lebih solid.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa Timnas 3x3 untuk SEA Games sebagai gambaran untuk menghadapi beberapa event ke depan. Sebab, setelah SEA Games akan ada FIBA Asia Cup 3x3 di Singapura dan Asian Games di Cina.

"Jadi para pemain ini adalah orang-orang yang beruntung bisa terpilih membela Indonesia di level internasional. Mereka mempunyai rasa tanggung jawab menjalankan amanah membela Merah Putih. Kami berharap segenap tenaga dan pikiran mereka difokuskan untuk membela negara mencapai hasil yang terbaik," ujar Ferri.

(mcy/aff)