Timnas Basket Putri Indonesia Ditargetkan Emas SEA Games 2022

Mercy Raya - Sport
Selasa, 08 Feb 2022 12:00 WIB
Timnas Basket Putri meraih peringkat ketiga di FIBA Womens Asia Cup 2021 Divisi B yang berlangsung di Amman, Yordania  yang berakhir 13 Februari lalu.
Timnas Basket Putri ditarget emas di SEA Games 2022. (Foto: dok. Perbasi)
Jakarta -

PP Perbasi mematok target tinggi menuju SEA Games 2022. Tim basket putri Indonesia diharapkan raih medali emas.

Induk organisasi basket nasional itu punya ekspektasi tinggi terhadap Timnas guna memperbaiki perolehan medali yang didapat pada SEA Games edisi sebelumnya. Seperti diketahui, empat medali telah dikoleksi Timnas bila basket Indonesia Putri selama mengikuti multievent dua tahuan negara-negara Asia Tenggara.

Dua medali perak diraih pada SEA Games 1991 dan 2015. Sedangkan perunggu diperoleh Indonesia pada edisi 2017 dan 2019. Khusus di SEA Games Filipina 2019, Indonesia harus puas menempati peringkat ketiga setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 70-59.

Merah Putih harus menjalani laga perebutan medali perunggu usai takluk dari Thailand dengan skor 58-67. Sementara Malaysia kalah 75-81 dari tim tuan rumah, Filipina.

"Di SEA Games nanti, kami targetkan semaksimal mungkin, yaitu emas. Harusnya kami mampu," kata Sekretaris Jenderal PP PERBASI Nirmala Dewi dalam rilis Selasa (8/2/2022).

Mewujudkan ambisi itu, Perbasi melalui Badan Tim Nasional telah memanggil 20 pemain putri terbaiknya. Mayoritas mereka adalah bagian dari amunisi SEA Games sebelumnya dan skuad yang turun di FIBA Women's Asia Cup 2021 Divisi B di Amman, Jordania.

Bagaimana pun, para pemain tersebut cukup teruji. Terbukti, pada ajang FIBA Women's Asia Cup 2021 Divisi B di Amman, Yordania, Timnas basket putri meraih peringkat ketiga. Dengan persiapan cuma dua bulan, timnas putri mampu mengalahkan lawan-lawannya dari Kazakhstan dengan skor 79-69, kemudian melawan Iran 76-68.

Mereka hanya kalah dari Lebanon 62-76 dalam perebutan tempat di final. Sedangkan sisanya merupakan pemain terbaik yang diambil dari Liga Mahasiswa, Tournament Ultah GMC.

"Saat ini Indonesia sudah memiliki modal yang sangat baik setelah bermain cukup solid di Yordania. Tinggal pembenahan sedikit-sedikit saja," kata Manajer Timnas basket putri Christopher Tanuwidjaja, sebelumnya.

Para srikandi basket Indonesia tersebut menjalani training center (TC) di Surabaya, sejak 3 Februari lalu. TC kali ini untuk mempersiapkan dua timnas sekaligus menatap SEA Games 2022.

Timnas Basket Indonesia 5x5 Putri dan Timnas Basket Indonesia 3x3 Putri. Untuk yang 5x5 di bawah asuhan Coach Lin Che Wen. Sementara Coach July Wong ditugaskan memoles 3x3.

(mcy/cas)