Playoff IBL 2022: Amartha Hangtuah Tak Gentar Hadapi Satria Muda

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 10 Apr 2022 04:05 WIB
Amartha Hangtuah Jakarta
Hangtuah Jakarta tak gentar hadapi Satria Muda di Playoff IBL 2022 (dok.Amartha Hangtuah)
Jakarta -

Amartha Hangtuah Jakarta berjumpa juara bertahan Satria Muda Pertamina di babak pertama Playoff IBL 2022. Meski tak diunggulkan, Hangtuah siap bikin kejutan.

Hangtuah lolos ke babak playoff musim ini setelah finis kelima Klasemen Divisi Putih dengan 12 kemenangan dan 10 kekalahan. Target pertama pun sudah dipenuhi oleh tim asuhan AF Rinaldo, setelah musim lalu hancur-hancuran.

Namun, dari hasil pengundian, Hangtuah harus dipertemukan dengan tim kuat Satria Muda pada babak pertama Playoff IBL 2022 yang dimulai Agustus mendatang.

Menggunakan sistem Best-of-Three, Hangtuah akan berupaya semaksimal mungkin meraih hasil terbaik di babak playoff. Hangtuah memang bukan tandingan untuk Satria Muda yang bergelimang gelar.

Tapi, apapun bisa terjadi dalam dunia olahraga danHangtuah siap mengejutkan Satria Muda. ApalagiHangtuah juga punya sejarah panjang dalamperbasketan nasional, yakni terkait pembinaan usia muda lewat klubHangtuah Basketball Club.

"Tak perlu takut menghadapi Satria Muda. Dari sisi umur klub, Hangtuah jauh lebih lama berkiprah di dunia basket Tanah Air," kata Rino Donosepoetro sebagai salah satu pendiri Hangtuah dalam acara buka puasa bersama tim, Kamis (7/3/2022).

"Tidak perlu takut karena sejarah klub ini jauh lebih panjang. Kami optimistis menghadapi play-off nanti," lanjut Rino dalam rilis kepada detikSport.

Amartha Hangtuah JakartaAmartha Hangtuah Jakarta Foto: dok.Amartha Hangtuah

Bercerita soal Hangtuah, klub ini awalnya didirikan pada 1980-an sebagai tempat untuk membina pebasket muda serta amatir. Nama tim diambil dari nama jalan yang menjadi lokasi markas mereka.

Pembinaan itu pun masih berlanjut dengan adanya sejumlah tim kelompok umur di Hangtuah Academy. Dengan modal tersebut, Hangtuah optimistis menatap play-off IBL sekalipun menghadapi juara bertahan Satria Muda Pertamina Jakarta.

Selain sejarah, modal lain yang dimiliki oleh Tim Biru-Ungu adalah suporter. Militansi suporter ini pun diakui oleh Jerry Arvino selaku komentator play-by-play IBL 2022.

"Militansi suporter Hangtuah luar biasa. Mereka selalu menjadi yang tersiap dari sisi kostum dan peralatan pendukung," tutur Jerry yang terkenal dengan gimmick "Boom boom bang bang" ini.

Sementara itu, Ketua Harian Klub Eddi Danusaputro berterima kasih atas dukungan suporter yang membuat Hangtuah bisa lolos dari lubang jarum dan tampil di Playoff.

"Dalam kesempatan ini, saya atas nama tim mengucapkan terima kasih kepada suporter yang luar biasa. Mereka percaya kami bisa lolos dan itu dibuktikan para pemain di lapangan," tutur Eddi.

(mrp/yna)