Timnas Basket Ditunggu 2 Event, Siap Ukir Sejarah Lagi

ADVERTISEMENT

Timnas Basket Ditunggu 2 Event, Siap Ukir Sejarah Lagi

Mercy Raya - Sport
Rabu, 29 Jun 2022 22:50 WIB
Marques Bolden
Marques Bolden (Foto: Ariya Kurniawan/Timnas Indonesia)
Jakarta -

Timnas basket Indonesia akan tampil di kualifikasi FIBA World Cup 2023 dan Asia Cup 2022. Termotivasi medali emas SEA Games 2021, Indonesia siap ukir sejarah lagi.

Timnas basket Indonesia akan tampil di kualifikasi Piala Dunia pada 1 dan 4 Juli dan Piala Asia pada 12-24 Juli, di Istora Gelora Bung Karno (GBK). Salah satu pemain yang bakal diturunkan pelatih Rajko Toroman adalah Marques Bolden.

Bolden merupakan sosok penting bagi timnas basket Indonesia. Ia turut membawa Indonesia merebut medali emas SEA Games 2021 di Vietnam.

Kala itu, timnas basket RI sukses mengalahkan Filipina di partai puncak dengan skor 85-81. Indonesia mengukir sejarah dengan meraih medali emas untuk pertama kalinya sekaligus mematahkan dominasi Filipina yang sudah berlangsung selama 12 edisi beruntun.

"Kami menang di SEA Games, bagus juga dalam uji coba di Australia, jadi saya siap untuk mencetak sejarah lagi bersama tim ini," kata Bolden di Istora GBK, Rabu (29/6/2022).

Bolden menyebut persiapan timnas sudah oke. Pebasket berusia 24 tahun itu yakin Indonesia bisa tampil bagus di kualifikasi FIBA World Cup 2023 dan Asia Cup 2022.

"Persiapan berjalan dengan lancar, kami berada dalam kondisi yang bagus, kami juga sudah saling merasa nyaman satu sama lain, jadi saya sangat percaya diri kami bisa tampil bagus di Kualifikasi Piala Dunia Basket dan FIBA Asia Cup," tutur pemain yang pernah memperkuat klub NBA, Cleveland Cavaliers itu.

"Motivasi saya bahwa kami pantas tampil di level Asia dan dunia. Negara ini sudah bekerja keras untuk mengejar level-level tim di Asia dalam hal basket. Dan saya tidak sabar untuk menunjukkan hasil kerja keras ini," Bolden menambahkan.

Bukan Mimpi

Senada dengan Bolden, Pelatih Timnas Basket Indonesia Rajko Toroman menyebut lolos Piala Dunia bukanlah mimpi. Indonesia disebutnya punya kemampuan mewujudkan itu usai rentetan prestasi yang mereka raih sejak Mei lalu.

Yang terbaru hasil uji coba di Australia pekan lalu. Timnas basket Indonesia memenangi tujuh pertandingan dari 10 laga melawan tim-tim basket dari Divisi Satu Australia.

"Jika kami lolos ke Piala Dunia, itu akan jadi periode baru untuk basket Indonesia. Saya rasa semua anak-anak muda di Indonesia, setelah kualifikasi Piala Dunia dan FIBA Asia Cup, dan lolos ke Piala Dunia, mereka akan menggilai basket. Ini akan jadi kabar baik bagi generasi berikutnya, dan jadi sejarah bagi basket Indonesia," kata Toroman.

"Ya siapa yang tahu, kita memang punya kesempatan, sampai sekarang kami dalam kondisi bagus. Di laga SEA Games lalu dan juga laga try out di Australia mencerminkan bahwa kami bisa kompetitif lawan negara-negara kuat. Tentunya, ditambah dukungan masyarakat, lolos ke Piala Dunia bukanlah mimpi," ujarnya terkait optimisme timnya lolos Piala Dunia.

(mcy/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT