ADVERTISEMENT

Bandung Jadi Tuan Rumah Babak Play Off Hingga Final IBL 2022

Mercy Raya - Sport
Minggu, 03 Jul 2022 12:20 WIB
Bima Perkasa kalah dari NSH Mountain Gold dalam lanjutan IBL 2022, Jumat (4/3/2022)
Perkasa Ilustrasi IBL (Foto: dok. Bima)
Jakarta -

Manajemen Indonesia Basketball League (IBL) akhirnya memutuskan lokasi perhelatan babak play off hingga final kompetisi basket nasional. Ialah kota Bandung jadi pilihan.

Sebelumnya, IBL telah mengumumkan bahwa kompetisi basket akan dimulai lagi pada 13 Agustus mendatang. Namun, untuk lokasi masih terus digodok dengan 5 kota sebagai pilihan, dan telah mengerucut menjadi 2 kota yakni, Solo dan Bandung.

Dalam prosesnya, manajemen akhirnya menetapkan Bandung sebagai lokasi yang tepat, khususnya C'tra Arena yang secara fasilitas lapangan dan gedung dianggap memadai.

Manajemen IBL menyebut fasilitas penunjang seperti akomodasi serta fasilitas medis Kota Kembang juga dinilai representative untuk menggelar babak-babak penentuan di kota Paris Van Java tersebut.

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah lantas berharap pertandingan bakal penggemar basket di Bandung dapat merasakan atmosfer pertandingan yang sangat ketat.

"Dengan sistem tiket pertandingan yang telah diterapkan seperti sebelumnya yakni single-game ticket diyakini setiap pertandingan akan seru dan dipenuhi penonton tak hanya dari Kota Bandung," kata Junas dalam keterangan tertulisnya.

Meskipun Bandung telah dipilih, Junas dan tim akan mengantisipasi hal-hal yang tidak sesuai dengan rencana seperti yang pernah dialami sebelumnya terkait perkembangan COVID-19. Caranya dengan berupaya menyiapkan pilihan kota sebagai back up.

Adapun format play off hingga final akan menerapkan sistem best of three. Setiap tim harus memenangkan dua pertandingan untuk melaju ke babak berikutnya hingga menjadi juara IBL Tokopedia 2022.

Play off pertama akan berlangsung 13-16 Agustus diikuti oleh delapan tim terbaik hasil babak reguler. Mereka berdasarkan peringkat adalah Pelita Jaya Bakrie, Satria Muda Pertamina, Prawira Bandung, NSH Mountain Gold Timika, West Bandits Combiphar Solo, Dewa United Surabaya, Amartha Hangtuah Jakarta dan RANS PIK Basketball.

Pelita akan ditantang RANS, Satria Muda berhadapan dengan Hangtuah, Prawira melawan Dewa United dan NSH bertemu West Bandits.

Play off kedua pada 20-23 Agustus dan laga final penentuan juara sebagai puncak kompetisi akan dilaksanakan pada 27-30 Agustus.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT