FIBA Asia Cup 2022: Menanti Indonesia Revans Atas Arab Saudi

ADVERTISEMENT

FIBA Asia Cup 2022: Menanti Indonesia Revans Atas Arab Saudi

Mercy Raya - Sport
Selasa, 12 Jul 2022 13:50 WIB
Timnas Basket
Foto: Dok. PP Perbasi
Jakarta -

Timnas basket Indonesia akan mengawali laga perdananya di FIBA Asia Cup 2022 pada Selasa (12/7). Menghadapi Arab Saudi di babak kualifikasi, Indonesia akan balas dendam!

FIBA Asia Cup 2022 mulai bergulir hari ini hingga 24 Juli mendatang di Istora Gelora Bung Karno (GBK). Bagi Merah-Putih, kejuaraan ini bukan sekadar ajang bola basket terbesar di Asia, tapi merupakan satu-satunya jalan menuju FIBA World Cup 2023.

Ya, Indonesia menjadi tuan rumah di single event bola basket terbesar di dunia tersebut bersama Jepang dan Filipina pada tahun depan. Tentu tak ingin menjadi penonton di rumah sendiri.

Sempat mengikuti kualifikasi World Cup 2023 yang bergulir dalam tiga kali window. Tapi Indonesia justru menelan kekalahan dari semua laga. Alhasil, mereka menjadi juru kunci di Grup C.

Makanya, satu-satunya jalan lewat FIBA Asia Cup 2022. Tapi perjalanan itu juga diyakini tak mudah. Tergabung dalam Grup A, tim yang kini diarsiteki Milos Pejic ini harus lolos 8 besar dengan melawan juara bertahan FIBA Asia Cup Australia, Yordania, dan Arab Saudi.

Melawan Arab sendiri akan dimulai pada sore nanti pukul 17.30 WIB. Laga perdana ini menjadi penting buat Indonesia untuk menang agar mendapat poin di Grup A.

Peluangnya pun sebenarnya sangat terbuka, meskipun pada dua pertemuan sebelumnya di dua window kualifikasi World Cup 2023 Indonesia kerap menelan kekalahan.

Kekalahan pertama, saat menghadap Arab 24 Februari lalu. Indonesia kalah telak dengan skor 66-95. Sedangkan kekalahan kedua terjadi saat window terakhir pada 1 Juli lalu, skor berakhir 67-69.

Namun begitu, kekalahan tipis ini sedikit membuka harapan buat Indonesia bisa melakukan revans di laga perdana FIBA Asia Cup sore nanti. Apalagi, Timnas sudah memastikan beberapa pemain andalannya seperti Marques Bolden dan Abraham Damar bakal memperkuat tim di ajang ini.

Dari semula, keduanya tak maksimal lantaran cedera yang mereka alami. Dalam laga sebelumnya melawan Arab, tim pelatih menurunkan lima pemain utama Derrick Michael, Brandon Jawato, Vincent Rivaldi Kosasih, Agassi Yeshe Goantara, dan Andakara Prastawa.

"Marques dan Abraham sudah 100 persen dan siap untuk tanding. Saya rasa Marques sangat berbeda dengan Marques yang di SEA Games kemarin. Sekarang powernya sudah balik, dan lebih sangat lah karena waktu di SEA Games baru hari pertama sudah cedera kalau sekarang full recovery dan siap untuk melawan tim-tim di FIBA Asia," kata Manajer Timnas Basket, Jeremy Imanuel Santoso, kepada pewarta.

Jeremy pun meyakini, timnya bakal berjuang habis-habisan melawan Arab. Apalagi, ini jadi kesempatan mereka revans dari dua kekalahan sebelumnya.

"Ya, kami (kasih) mainset ke anak-anak saja lah jangan sampai mau kalah dua kali di kandang sendiri. Jadi kita harus balas dan saya rasa anak-anak butuh kemenangan untuk pertandingan melawan Arab," Jeremy mempertegas.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT