ADVERTISEMENT

Prastawa: Potensi Basket Indonesia Sudah Bagus, Jangan Sia-siakan

Mercy Raya - Sport
Selasa, 19 Jul 2022 19:52 WIB
Pebasket Indonesia Andakara Prastawa menilai potensi timnas basket Indonesia sudah bagus walaupun tersingkir di babak playoff perempatfinal FIBA Asia Cup 2022.
Salah satu pemain andalan Timnas Basket Indonesia, Andakara Prastawa, saat jumpa pers. Foto: Mercy Raya/detikcom
Jakarta -

Timnas Basket Indonesia dinilai sudah memperlihatkan potensi, walaupun tersingkir di babak playoff perempatfinal FIBA Asia Cup 2022. Pekerjaan Rumah (PR) saat ini adalah menjaga dan meningkatkan program latihannya.

Demikian disampaikan atlet basket Indonesia Andakara Prastawa, menyusul terhentinya langkah Indonesia di kejuaraan bola basket tertinggi di Asia. Sekaligus menutup kesempatan Merah Putih tampil di FIBA World Cup 2023.

Ya, Prastawa merupakan salah satu pemain yang diandalkan PP Perbasi selama mengikuti FIBA Asia Cup 2022 yang sudah dimulai sejak 12 Juli lalu. Ada pula Abraham Damar Grahita, Marques Bolden, Derrick Michael, dan Brandon Jawato, serta para pebasket lainnya.

Di bawah komando Milos Pejic, Timnas Basket Indonesia mencatatkan satu kemenangan atas Arab Saudi, dan dua kekalahan dari Yordania dan Australia. Hasil itu mengantarkan Timnas Indonesia melangkah ke babak play off setelah finis di peringkat ketiga Grup A.

Sayang, saat perebutan tiket 8 besar, Indonesia dihentikan China, tim dengan 16 gelar FIBA Asia Cup. Prastawa dkk kalah telak dengan skor 54-108.

"Kalau dari pandangan saya sih, saya sudah merasakan level Asia, ini jadi pelajaran berharga bagi kita dan para pemain muda, sekalipun ada yang tidak main. Hanya seperti yang saya katakan, potensi kita tuh besar, jadi semua hal bisa ditingkatkan dari basic-nya, strategi timnya, tapi paling gampang basicnya dulu."

"Basicnya harus dimatangkan lagi apa yang kurang-kurang dari segi passing, dribble, shooting, bisa diasah sampai di level yang tak ada ujungnya. Jadi untuk mempersiapkan semua kita akan mempercepat itu semua," tuturnya.

Tak hanya meningkatkan potensi yang ada, program yang sudah dijalani Timnas Basket Indonesia jangan sampai berhenti di tengah jalan, terutama kesempatan bermain di level kompetisi yang lebih tinggi.

"Itu jangan sampai berhenti, malah kita butuh yang namanya kompetisi level tinggi. Kemarin kita sempat training camp di Australia dan itu bagus sekali buat kami lebih mengembangkan diri sambil latihan. Nah, buat pemain muda gunakan kesempatan ini, yang (ibaratnya) dulu tak pernah saya dapatkan," kata Prastawa.

"Jadi kalian punya keuntungan besar banget di sini dapat program seperti ini, jadi jangan sia-siakan," sambungnya.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT