ADVERTISEMENT

Legenda NBA Bill Russell Meninggal Dunia

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 01 Agu 2022 10:01 WIB
Boston -

Kabar duka datang dari NBA. Legenda Boston Celtics Bill Russell tutup usia. Selamat jalan, Bill!

Kabar tersebut disampaikan langsung lewat akun twitter @RealBillRussell, Senin (1/8/2022) dinihari WIB. Russell tutup usia di umur 88 tahun.

Dijelaskan, Russell meninggal dengan tenang di samping istrinya Jeannine. Setelah itu pihak keluarga akan mengumumkan lebih lanjut perihal proses pemakaman.

"Dengan berat hati kami harus menyampaikan kabar duka ini kepada teman-teman, fans, dan pengikut Bill. Bill Russell sebagai pemilik titel terbanyak dalam sejarah olahraga Amerik Serikat meninggal dengan tenang di sisi istrinya, Jeannine, dalam usia 88 tahun, " ujar pernyataan resmi keluarga.

Tak disebutkan apa penyebab Russell tutup usia. Namun, kesehatannya memang menurun belakangan ini sehingga tidak bisa datang ke final NBA bulan lalu untuk memberikan Bill Russell Trophy kepada sang juara Golden State Warriors, seperti yang biasa dilakukan setiap musimnya.

Kepergian Russell tentu membuat seluruh publik basket dunia berduka, khususnya di Amerika Serikat. Sebab, Russell adalah legenda di NBA yang tenar namanya di era 50-60an.

Semasa berkarier, Russell cuma memperkuat Boston Celtics sedari 1956 hingga 1969. Dia mempersembahkan 11 gelar juara NBA, yang belum pernah bisa disamai hingga saat ini.

Bahkan saking banyaknya cincin Russell, sempat ada kelakar bahwa dia bisa meminjamkan satu atau dua cincinnya ke tim atau pemain yang belum pernah juara. Dia juga terpilih lima kali sebagai MVP dan masuk 12 kali ke All Star.

Russell dikenal sebagai pemain bertahan terbaik di masanya dengan total 21.260 rebound dan mencetak rataan 22,5 poin per laga. Tak cuma sukses sebagai pemain, Russell juga harum namanya saat jadi pelatih.

Dia pertama kali melatih di Celtics dan membawa timnya dua kali juara NBA pada 1968-1969. Total 13 cincin juara diraih membuat Russell masuk dalam Hall of Fame NBA.

Russell pun jadi olahragawan AS dengan titel juara terbanyak, 11 kali, bersama atlet hoki Henri Richard. Ucapan belasungkawa pun mengalir deras dari seluruh pihak, termasuk mantan Presiden AS Barrack Obama.

"Kami kehilangan seorang raksasa hari ini. Bill Russell yang tinggi itu punya warisan yang jauh lebih besar, baik sebagai pemain maupun pribadi," ujar Obama.

"Mungkin lebih banyak dari yang lain. Bill tahu bagaimana cara jadi juara dan jadi seorang pemimpin. Di lapangan, dia adalah juara sejati dalam sejarah basket. Di luar, dia adalah pembela hak asasi manusia seperti halnya Dr King dan Muhammad Ali."

"Michelle dan saya mengirimkan rasa duka mendalam kepada keluarga Bill dan semua yang mengaguminya."

(mrp/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT