Rencana Perbasi Naturalisasi Lagi Demi Pertahankan Emas SEA Games

ADVERTISEMENT

Rencana Perbasi Naturalisasi Lagi Demi Pertahankan Emas SEA Games

Mercy Raya - Sport
Rabu, 04 Jan 2023 19:25 WIB
Perbasi
Foto: Mercy Raya/detikSport
Jakarta -

Perbasi berencana menambah pemain naturalisasi demi memperkuat tim nasional basket untuk SEA Games 2023 di Kamboja. Ada dua posisi yang harus ditambah tenganya.

Dalam acara media gathering bertema Sinergi Perbasi dan Pers Sebagai Satu Kekuatan Menuju Industri Bola Basket yang Modern Lewat FIBA World Cup 2023 untuk Sukseskan Program Pemerintah Melalui Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), di kawasan Senayan, pada Rabu (4/1/2023).

Asisten pelatih Timnas Wahyu Widayat Jati mengatakan rencana itu dilakukan dalam rangka persiapan menuju SEA Games yang berlangsung 5-17 Mei mendatang.

"Rencana untuk menaturalisasi karena (Marques) Bolden kemungkinan tidak bisa ikut. Begitu pun Derrick (Michael) dan Agassi (Goantara) tergantung sekolahnya. Rencananya posisi bigman dan point guard yang akan diambil untuk naturalisasi," kata Wahyu.

Marques Bolden saat ini masih bermain bersama Salt Lake City Star. Pada musim 2022-2023, center andalan Timnas Indonesia itu masih berada di G-League dan masih membela timnya tersebut.

Sedangkan Derrick, yang sebelumnya merupakan peluru Timnas pada SEA Games 2021 di Vietnam, saat ini tergabung di NCAA, Liga Mahasiswa Amerika Serikat.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi mengamini wacana tersebut. Bahkan pihaknya telah mengajukan satu nama kepada pemerintah, dalam hal ini Kemenpora.

"Untuk nama kami rahasiakan. Kenapa point guard? Itu wilayah pelatih ya. Tak mungkin kami intervensi. Tapi kami percaya karena pelatih lebih tahu mana yang terbaik untuk tim ini dan keputusan naturalisasi ini tim lain juga lakukan. Masa kita diam saja?"

"Kita tak boleh tinggal diam. Jadi kami berupaya maksimal untuk mempertahankan gelar juara kita," tambahnya.

Kendati sudah mengajukan nama, Perbasi faktanya juga harus berkejaran dengan waktu guna menyelesaikan prosea naturalisasi agar selesai sebelum entry by name pada Maret ini.

"Kami berupaya maksimal agar selesai tepat waktu sehingga SEA Games ini bisa main. Bahkan jika memungkinkan dapat trial di Indonesia Patriots," kata Nirmala.

"Tapi seperti biasa, kami akan menjemput bola," lanjutnya.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT