Kejurnas Basket U-15 Dimulai, Semoga Muncul Atlet Potensional

ADVERTISEMENT

Kejurnas Basket U-15 Dimulai, Semoga Muncul Atlet Potensional

Mercy Raya - Sport
Minggu, 08 Jan 2023 17:35 WIB
Kejurnas Basket U-15
Foto: dok Perbasi
Jakarta -

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bola Basket U-15 resmi dimulai. Total ada 192 atlet yang memastikan keikutsertaannya.

Ketua Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih menyambut positif kejuaraan kelompok usia tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Pangkalpinang yang memberikan dukungan luar biasa untuk menyukseskan Kejurnas Bola Basket U-15 ini," ucap Danny dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/12/2022).

"Saya menyampaikan satu hal saja, tiket pesawat ini bisa dibeli tetapi sejarah bola basket tidak bisa dibeli. Apalagi pendiri bola basket adalah tokoh dari Bangka Belitung. Ketua Perbasi pertama adalah orang Bangka Belitung yaitu Toni yang beralamat di Sungai Liat, Kabupaten Bangka," ujarnya.

Sebelum atlet bertanding, Kejurnas sendiri sempat dilakukan welcome dinner di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, pada Jumat malam (6/1) menjadi agenda pembuka. Kegiatan ini menjadi ajang silaturrahmi bagi semua kontingen dari berbagai daerah.

Dari 182 atlet itu dibagi menjadi 96 putra dan jumlah yang sama untuk kategori putri. Mereka berasal dari beberapa daerah di Indonesia.

Untuk kategori putra ada delapan peserta dari Banten, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Sumatera Utara dan tuan rumah Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara itu, kategori putri diikuti dari daerah Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Banten, Kepulauan Bangka Belitung, Bali, Sumatera Utara, DKI Jakarta, dan Jawa Timur.

Sementara itu, Staf Ahli bidang Hukum Kemenpora Samsudin juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

"Kami dari Kementerian Pemuda dan Olahraga menyambut baik dan merasa bangga atas terselenggaranya Kejurnas Basket U-15 di Bangka Belitung yang dipusatkan Kota Pangkalpinang," ujar Samsudin.

"Mudah-mudahan hal seperti ini bukan hanya sekali dilaksanakan. Selain itu, sukses juga untuk dalam hal fungsi peningkatan olahraga. Semakin banyak orang datang ke Pangkalpinang maka perekonomiannya bagus. Semoga kejuaraan berjalan baik dan kita mendapatkan bibit atlet basket andalan," tuturnya.

Dalam pelaksanaannya, Kejurnas Bola Basket U-15 ini juga melibatkan wasit nasional dan daerah. Total ada 15 wasit. DKI Jakarta dan Banten menyumbang wasit terbanyak dengan empat nama.

Kemudian Jawa Tengah mengirim dua wasit. Disusul masing-masing satu wasit dari Bali, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan Aceh.

"Wasit yang ditugaskan di Kejurnas U-15 ini lisensi A Nasional sebanyak empat nama dan 11 nama berlisensi B1 nasional," kata Ketua Bidang Perwasitan PP Perbasi Ilham Burhanuddin.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT