detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 30 Des 2018 19:08 WIB

Seperti Senna dan Schumacher, Hamilton Mengubah Referensi di F1

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Lewis Hamilton dinilai punya level setara Michael Schumacher dan Ayrton Senna. (Foto: Henry Romero/Reuters) Lewis Hamilton dinilai punya level setara Michael Schumacher dan Ayrton Senna. (Foto: Henry Romero/Reuters)
Jakarta - Lewis Hamilton membungkus titel juara dunia kelimanya di musim 2018. Hamilton dinilai punya level kemampuan setara legenda, Ayrton Senna dan Michael Schumacher.

Driver Mercedes tersebut memenangi juara dunia Formula 1 kelima di musim 2018 lalu. Hamilton tampil dominan dengan 17 kali naik podium, 11 di antaranya sebagai pemenang, dari total 21 balapan yang digelar.




Hamilton unggul sangat telak atas rival terdekatnya yakni Sebastian Vettel dari Ferrari. Mengoleksi 408 poin, pebalap asal Inggris ini unggul 88 poin dari Vettel.

Direktur Teknik F1 Ross Brawn menyebut performa Hamilton terkadang begitu surreal. Levelnya bahkan disebut Brawn setara dengan Senna dan Schumacher.

"Terkadang Anda mendapatkan pebalap yang menemukan performa yang tak Anda perkirakan. Ada beberapa kesempatan itu terlihat, khususnya di kualifikasi ketika Lewis menunjukkannya," ungkap Brawn dikutip Autosport.




"Dia membuat orang-orang menahan napas karena pertunjukkannya. Itu adalah hal-hal yang Anda lihat sendiri dan Anda tak tahu dari mana performa itu muncul. Semua orang berpikir bahwa mereka tahu referensinya dan tiba-tiba si pebalap ini melakukan sesuatu yang mengubah referensi."

"Saya beruntung bisa melihat itu di beberapa kesempatan dari Michael Schumacher. Kita melihatnya dengan pebalap seperti Senna. Dan saya rasa kita melihat itu di beberapa kesempatan dengan Lewis tahun ini."

"Itu adalah hal-hal yang Anda ingat karena sebagai seorang teknisi, Anda hampir tak bisa menemukan dari mana asalnya performa itu. Seperti mereka telah mencapai level surreal dan selalu spesial ketika Anda melihat seorang pebalap melakukannya," tandasnya.

(raw/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed