detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 15 Feb 2019 19:02 WIB

SF90, Harapan Ferrari untuk Menyudahi Puasa Gelar F1

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Tampang mobil baru Ferrari di F1 2019, SF90 ()Twitter @ScuderiaFerrari Tampang mobil baru Ferrari di F1 2019, SF90 ()Twitter @ScuderiaFerrari
Maranello - Scuderia Ferrari baru saja meluncurkan mobil barunya, SF90, untuk F1 2019. SF90 diharapkan bisa menghapus dahaga gelar Tim Kuda Jingkrak.

Ferrari meluncurkan SF90 di markas besarnya, Maranello, Jumat (15/2/2019). SF90 diharapkan bisa membawa duo pebalap pabrikan asal Italia tersebut, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, bersaing merebut gelar di ajang jet darat tahun ini.

Pasalnya The Prancing Horse sudah sangat haus gelar juara karena terakhir kali merebut trofi adalah juara dunia konstruktor di musim 2008. Sementara pebalap Ferrari yang terakhir merengkuh gelar juara dunia adalah Kimi Raikonnen setahun sebelumnya.




Kepala Tim Scuderia Ferrari, Mattia Binnotoo, menuturkan SF90 adalah pengembangan mobil mereka di musim lalu. Beserta dengan beberapa perubahan di sejumlah bagian untuk memenuhi regulasi baru yang diberlakukan musim ini.

"Mobil ini adalah pengembangan dari mobil tahun lalu, ini bukan revolusi. Kami berusaha melewati batas yang ada, mencoba seekstrem mungkin," tutur Binnotto seperti dikutip situs resmi F1.

"Beberapa perubahan seperti sayap depan untuk memenuhi regulasi. Jika Anda melihat detailnya, kami telah berusaha keras untuk tampil inovatif. Jika Anda melihat bodi belakang, itu sangat ramping. Ini berkat seluruh pekerjaan yang telah kami lakukan. Butuh usaha besar untuk melakukan ini. Kami menyukainya," jelasnya.




Sementara Vettel mengaku sangat senang dengan mobil barunya dan tak sabar untuk segera menjajalnya.

"Kami semua senang. Anda mulai melihat bagian-bagian kecil mobil ini pada akhir tahun lalu dan kemudian Anda melihat itu menjadi satu bagian. Tetapi hari ini adalah pertama kali Anda melihatnya. Saya sangat senang, luar biasa melihat segalanya sudah jadi satu seperti saat ini. Sekarang saya senang dan tidak sabar untuk mengendarainya," tutur juara dunia F1 empat kali ini.

SF90 akan diuji pertama kalinya di Circuit de Barcelona, Catalunya, Senin (18/2) besok dalam latihan pramusim F1.


(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com