detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 24 Mar 2020 16:20 WIB

Imbas Corona, F1 2020 Hanya Akan Gelar 15 hingga 18 Balapan

Putra Rusdi K - detikSport
ABU DHABI, UNITED ARAB EMIRATES - DECEMBER 01: Lewis Hamilton of Great Britain driving the (44) Mercedes AMG Petronas F1 Team Mercedes W10 leads the field at the start during the F1 Grand Prix of Abu Dhabi at Yas Marina Circuit on December 01, 2019 in Abu Dhabi, United Arab Emirates. (Photo by Charles Coates/Getty Images) Formula 1 2020 hanya akan menggelar 15-18 balapan akibat imbas dari Virus Corona (Foto: Getty Images/Charles Coates)
Jakarta -

CEO Formula One (F1), Chase Carey berusaha menyusun jadwal anyar untuk gelaran F1 2020. Dalam jadwal baru itu hanya akan ada 15-18 balapan di musim ini.

Virus Corona yang tengah mewabah membuat pelaksanaan beberapa GP di F1 2020 harus ditunda. Enam seri harus ditangguhkan sementara dua lainnya dibatalkan.

GP Australia dan GP Monaco menjadi dua balapan yang tak jadi dihelat. Untuk enam balapan yang ditunda adalah GP Bahrain, GP Vietnam, GP China, GP Belanda, GP Spanyol dan GP Azerbaijan.

Kondisi ini membuat F1 2020 kemungkinan hanya akan menggelar 15-18 balapan dari yang 22 dijadwalkan. Hal tersebut diungkapkan oleh Carey.

Ia juga menjelaskan bahwa pihak F1 kini tengah berusaha merombak jadwal yang sudah ada. Mereka akan menggeser libur musim panas di Maret atau April ini.

Balapan nantinya bisa terus dilangsungkan tanpa jeda. Ini untuk mengantisipasi molornya gelaran F1 di musim ini yang sebelumnya dijadwalkan berakhir pada 29 November 2020.

"Kami menyadari ada potensi besar adanya balapan yang harus ditunda lagi. Namun kami sepenuhnya berharap musim akan dimulai di musim panas ini dengan jadwal yang direvisi antara 15-18 balapan," kata Carey dikutip dari situs resmi F1.

"Seperti yang telah diumumkan sebelumnya, kami akan memanfaatkan liburan musim panas yang dimajukan ke bulan Maret atau April untuk bisa menggelar balapan saat musim panas. Ini mengantisipasi waktu berakhirnya musim yang akan molor dari tanggal yang dijadwalkan yaitu 27-29 November."

"Urutan dan jadwal tanggal untuk balapan yang baru akan berbeda secara signifikan dari kalender awal untuk musim 2020," tambahnya.



Simak Video "Momen Dramatis Hamilton Juara dengan Ban Pecah"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com