detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 11 Jul 2020 18:49 WIB

FP3 GP Styria Dibatalkan karena Cuaca Buruk

Okdwitya Karina Sari - detikSport
SPIELBERG, AUSTRIA - JULY 11: The Racing Point team work in the Pitlane during final practice for the Formula One Grand Prix of Styria at Red Bull Ring on July 11, 2020 in Spielberg, Austria. (Photo by Joe Klamar/Pool via Getty Images) Latihan bebas ketiga F1 GP Styria dibatalkan akibat cuaca buruk. Foto: 2020 Pool/Pool
Jakarta -

Free practice III (FP3) F1 GP Styria terpaksa dibatalkan. Menyusul hujan deras yang mengguyur Sirkuit Red Bull Ring.

Latihan bebas ketiga seharusnya dimulai pada pukul 12.00 waktu Austria. Namun akibat cuaca buruk, penyelenggara kemudian mengumumkan bahwa sesi tersebut ditunda dalam waktu yang tidak ditentukan.

Kondisi cuaca tidak membaik selama alokasi waktu sejam untuk sesi FP3. Alhasil, latihan bebas dibatalkan setelah 40 menit dari jadwal semula.

"Setelah konsultasi dan rekomendasi dari delegasi keamanan FIA F1, steward memutuskan bahwa latihan bebas ketiga Formula 1 akan dibatalkan karena cuaca buruk dan alasan keamanan menurut mengacu pada pasal 2.1.6.a dan 11.9.3 m di Kode Olahraga Internasional FIA," bunyi keterangan resmi FIA, yang dikutip dari Autosport.

Sesi kualifikasi dijadwalkan pada pukul 15.00 waktu setempat atau pukul 20.00 WIB, tapi seandainya hujan tidak juga mereda maka sesi ini tidak akan digelar pada hari ini. Sekalipun F1 masih berharap kualifikasi bisa dijalankan.

Ada dua skenario apabila kualifikasi urung dimainkan pada hari ini yaitu, sesi akan dipentaskan pada hari Minggu pagi (12/7/2020) menimbang prakiraan cuaca yang lebih bagus atau menentukan posisi start balapan berdasarkan hasil di sesi latihan bebas kedua.

Seandainya F1 pada akhirnya menerapkan pilihan yang kedua maka pebalap Red Bull Max Verstappen akan start di urutan terdepan diikuti Valtteri Bottas. Juara bertahan Lewis Hamilton berada di baris ketiga dengan menempati posisi enam, di belakang Carlos Sainz (5), Lance Stroll (4), dan Sergio Perez (3).

Sementara itu Ferrari akan terpukul karena itu artinya Charles Leclerc memulai balapan di urutan ketujuh dan Sebastian Vettel di posisi ke-16.



Simak Video "GP Kanada Ditunda, F1 2020 Kembali Molor"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com