detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 01 Agu 2020 07:02 WIB

Laju Ferrari Bikin Charles Leclerc Khawatir

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
SPIELBERG, AUSTRIA - JULY 12: Charles Leclerc of Monaco driving the (16) Scuderia Ferrari SF1000 retires during the Formula One Grand Prix of Styria at Red Bull Ring on July 12, 2020 in Spielberg, Austria. (Photo by Peter Fox/Getty Images) Charles Leclerc khawatir dengan laju Ferrari jelang balapan GP Inggris, Minggu (2/8/2020) besok. (Foto: Getty Images/Peter Fox)
Jakarta -

Dalam satu putaran, laju Ferrari tampak bisa bersaing dengan mobil para rival di Formula 1 GP Inggris. Charles Leclerc khawatir dengan laju timnya di balapan.

Leclerc menempatkan diri posisi lima pada sesi latihan bebas pertama GP Inggris di sirkuit Silverstone, Jumat (31/7/2020) kemarin. Hasil itu disusul dengan kenaikan satu posisi pada sesi kedua.

Sementara rekan setimnya, Sebastian Vettel, mengalami sejumlah masalah. Problem intercooler bikin Vettel gagal mencatatkan waktu di sesi pertama, lalu masalah pada pedal rem menempatkannya di urutan 18 di sesi latihan kedua.

Tapi persoalan lebih besar yang dihadapi kedua pebalap ini adalah keseimbangan mobil dan kecepatan untuk menempuh jarak balapan. Kedua pebalap sama-sama mengeluhkan hal ini pada simulasi balapan.

"Kami perlu memperbaiki laju balapan. Keseimbangannya luar biasa sulit untuk dikendalikan dan sangat sulit untuk tidak membuat kesalahan. Kami jelas perlu mengubah sesuatu terkait ini kalau tidak, melakukan putaran sebanyak itu di balapan dengan keseimbangan ini akan jadi tantangan sangat besar," ungkap Leclerc dikutip Crash.

Ferrari sebenarnya sudah melakukan langkah untuk mencoba meningkatkan kecepatan di trek lurus dan meminimalkan hambatan angin. Mereka memasang sayap belakang yang lebih tipis.

Tapi Leclerc menilai langkah ini kemungkinan perlu dievaluasi, karena fokusnya adalah laju saat balapan nanti. Penerapan ide itu di kualifikasi diakui tak terlalu buruk.

"Sebenarnya itu tidak terlalu buruk, hanya saja kami sudah amat kesulitan dengan laju balapan. Kami jelas perlu memperbaiki ini tapi laju di kualifikasi masih lebih baik ketimbang yang kami perkirakan, jujur saja," sambungnya.

"Ini bagus saja kok. Kami sudah mengambil langkah cukup radikal dengan level downforce, terlihat terbayarkan di kualifikasi tapi tidak di balapan. Jadi kami perlu menganalisis dan melihat apa yang harus kami lakukan," kata Leclerc.

Ferrari baru sekali naik podium dari tiga seri yang sudah berjalan musim ini, kala Leclerc finis runner-up di GP Austria. Pabrikan asal Italia ini sudah dua kali gagal finis.



Simak Video "Momen Dramatis Hamilton Juara dengan Ban Pecah"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com