detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 04 Agu 2020 13:39 WIB

Tak Kunjung Tampil Oke, Vettel Sampai Tak Pede Kemudikan Ferrari

Adhi Prasetya - detikSport
NORTHAMPTON, ENGLAND - AUGUST 02: Sebastian Vettel of Germany and Ferrari reacts in parc ferme during the F1 Grand Prix of Great Britain at Silverstone on August 02, 2020 in Northampton, England. (Photo by Will Oliver/Pool via Getty Images) Vettel masih belum tampil bagus di GP Inggris akhir pekan lalu. Foto: 2020 Pool/Pool
Jakarta -

Sebastian Vettel belum tampil oke hingga seri keempat Formula 1 2020. Pebalap Ferrari itu mulai tak percaya diri dengan performanya.

Berbeda dengan rekan setimnya, Charles Leclerc, yang sudah dua kali naik podium, Vettel justru kesulitan untuk sekedar menembus 10 besar. Dari 4 kali balapan, posisi terbaiknya adalah finis di urutan ke-6 di GP Hongaria pada 19 Juli lalu.

Ia hanya finis di urutan ke-10 di GP Austria dan GP Inggris, serta mengalami crash di GP Styria. Total, driver asal Jerman itu baru mengumpulkan 10 poin.

Di GP Inggris yang berlangsung akhir pekan lalu, Vettel mengaku mengalami kesulitan sepanjang balapan. Ia sampai merasa tak pede mengemudikan SF1000 miliknya.

"Hasil balapan kemarin sangat buruk, tapi mobilnya sangat sulit dikemudikan. Saya sampai berjuang untuk menemukan rasa percaya diri. Saya tak tahu kenapa, kami harus mengecek lagi mobilnya dengan saksama," kata Vettel, dikutip Sky Sports

NORTHAMPTON, ENGLAND - AUGUST 02: Sebastian Vettel of Germany driving the (5) Scuderia Ferrari SF1000 on track during the F1 Grand Prix of Great Britain at Silverstone on August 02, 2020 in Northampton, England. (Photo by Bryn Lennon/Getty Images)Vettel baru dapat poin di GP Inggris setelah Valtteri Bottas dan Carlos Sainz Jr mengalami masalah pada ban mobil mereka. Foto: Getty Images/Bryn Lennon

"Tapi kalau saya sampai berjuang di banyak lap dan itu berlangsung dari awal sampai akhir lomba, mungkin ada sesuatu yang tak beres," jelas juara dunia 4 kali itu.

Vettel mengaku setting-an mobilnya tak berbeda dengan punya Leclerc, namun performanya beda. Ia pun kebingungan dengan hal itu.

"Saya tak memiliki kecepatan mobil yang dibutuhkan dan kepercayaan diri saya jadi amat rendah saat ini. Saya berjuang untuk menguasai mobil ini dan setiap kali mencoba meningkatkan performa, saya malah kehilangan kendali," ujar Vettel.

"Di atas kertas, mobil saya dan Leclerc mirip, jadi ini bukan masalah setting-an mobil. Jika kalian melihat lagi, tak ada satupun tempat di mana saya membalap dengan buruk atau terlihat ada masalah.

"Saya kehilangan waktu di seluruh putaran, jadi kami harus mengevaluasi lagi," pungkas pria 33 tahun itu.

Selanjutnya, Vettel akan kembali berjuang dengan mobilnya di GP Inggris yang bertajuk '70th Anniversary Grand Prix', yang juga digelar di Silverstone pada Minggu (9/8) malam WIB.



Simak Video "Ferrari Pastikan 8 Mei Produksi Kembali Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com