detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 09 Agu 2020 22:12 WIB

F1 GP Anniversary: Verstappen Raih Kemenangan Perdana Musim Ini

Adhi Prasetya - detikSport
NORTHAMPTON, ENGLAND - AUGUST 09: Race winner Max Verstappen of Netherlands and Red Bull Racing celebrates in parc ferme during the F1 70th Anniversary Grand Prix at Silverstone on August 09, 2020 in Northampton, England. (Photo by Bryn Lennon/Getty Images) Ekspresi Verstappen setelah memastikan kemenangan perdana musim ini. Foto: Getty Images/Bryn Lennon
Northampton -

Max Verstappen berhasil memenangi seri kelima Formula 1 2020 bertajuk GP 70th Anniversary. Pebalap Red Bull Racing itu sukses menaklukkan duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Di Sirkuit Silverstone, Minggu (9/8/2020), strategi Red Bull untuk memasang ban keras sejak awal lomba terbukti tepat. Hamilton dan Botas, sementara itu, terpaksa melakukan dua kali pit stop di tengah lomba karena masalah ban.

Meski beralih ke ban medium di lap ke-27, Verstappen akhirnya sukses meraih kemenangan perdana musim ini dengan catatan waktu 1 jam 19 menit 41,993 detik. Hamilton finis kedua, terpaut 11,326 detik dari Verstappen.

Bottas harus puas di urutan ketiga, diikuti Charles Leclerc, Alexander Albon, Lance Stroll, dan Nico Hulkenberg. Alexander Ocon, Lando Norris, dan Daniil Kvyat melengkapi posisi 10 besar. Sedangkan Sebastian Vettel gagal meraih poin usai finis ke-12.

Hasil Formula 1 GP 70th Anniversary.Hasil Formula 1 GP 70th Anniversary. Foto: F1

Jalannya balapan

Valtteri Bottas langsung melesat menjaga posisi terdepan sejak start. Rekan setimnya, Lewis Hamilton, membuntuti di belakangnya. Sedangkan Max Verstappen yang start di urutan ke-4 berhasil menyalip Nico Hulkenberg untuk mengambil posisi ketiga.

Sementara itu, pebalap Ferrari Sebastian Vettel mengalami masalah. Start di urutan ke-11, mobilnya sempat berputar dan keluar jalur, membuatnya melorot ke urutan terakhir. Rekan setimnya, Charles Leclerc, juga turun ke posisi ke-10, yang awalnya start di urutan ke-8.

Hingga lap ke-5, posisi empat besar tak berubah. Leclerc juga tetap di urutan ke-10.

Di lap ke-9, Bottas masih unggul sekitar 1 detik atas Hamilton, yang juga unggul sekitar 1 detik atas Verstappen. Sementara itu, Vettel perlahan naik ke papan tengah dan berada di posisi ke-14 pada lap 10.

Pada lap ke-14, Bottas menuju pit untuk memasang ban keras. Hamilton dan Verstappen berburu posisi pertama. Satu lap kemudian, giliran Hamilton yang masuk pit untuk memasang ban keras, membiarkan Verstappen yang sejak awal memakai ban keras memimpin.

Pada lap ke-17, Vettel sudah kembali ke posisi 11. Leclerc pun sudah menrangsek ke urutan ke-6.

Pada lap ke-21, Verstappen sudah unggul 13 detik dari Bottas yang kembali ke urutan kedua. Sedangkan Hamilton berada di urutan ketiga.

Verstappen kembali ke pit untuk mengubah ban menjadi medium di lap ke-27, membuatnya sempat disalip Bottas saat kembali masuk ke trek. Namun dalam hitungan detik, ia kembali menyalip Bottas, merebut kembali posisi pertama.

Di lap ke-33, Verstappen dan Bottas sama-sama masuk ke pit. Hamilton mengunci posisi terdepan, meski bannya sudah mulai melepuh sejak lap ke-24. Sedangkan Leclerc berada di posisi ke-4, menyalip duo Racing Point, Hulkenberg dan Lance Stroll yang ada di urutan 5 dan 6.

Di lap ke-42, ban Hamilton tak sanggup lagi bertahan. Ia masuk pit, dan akhirnya Verstappen, Bottas, dan Leclerc pun masuk ke tiga besar. Hamilton kembali ke lintasan dengan berada di urutan ke-4. Verstappen tampak tak akan masuk pit lagi sampai balapan tuntas.

Hamilton tak menyerah mengejar podium. Di lap ke-45, ia sukses menyalip Leclerc, kembali ke posisi ketiga! Sementara itu, pebalap Haas, Kevin Magnussen, gagal melanjutkan lomba usai ada masalah di mobilnya.

Di lap ke-48, Verstappen unggul 7 detik dari Bottas yang ada di posisi kedua. Strategi bannya terbukti tepat dan berhasil mengangkangi duo Mercedes. Sementara itu, Bottas dan Hamilton justru bertarung ketat untuk mengunci posisi kedua.

Posisi kedua! Hamilton sukses menyalip Bottas di lap ke-49! Sulit mengejar Verstappen, namun pebalap Inggris ini bisa mengamankan poin untuk membuat posisinya di puncak klasemen pebalap lebih nyaman.

FINIS! Verstappen juara GP 70th Anniversary! Hamilton di posisi kedua dan Bottas harus puas di urutan ketiga.



Simak Video "Formula 1 2020 Kemungkinan Digelar Tanpa Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com