detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 15 Sep 2020 20:09 WIB

Balapan F1 di Mugello Menantang Banget, Banyak Pebalap yang Suka!

Adhi Prasetya - detikSport
SCARPERIA, ITALY - SEPTEMBER 13: Valtteri Bottas of Finland driving the (77) Mercedes AMG Petronas F1 Team Mercedes W11 leads the field during the F1 Grand Prix of Tuscany at Mugello Circuit on September 13, 2020 in Scarperia, Italy. (Photo by Claudio Giovannini - Pool/Getty Images) F1 untuk kali pertama digelar di Mugello pada 2020. Foto: Getty Images/Pool
Jakarta -

Balapan Formula 1 untuk kali pertama digelar di Sirkuit Mugello akhir pekan lalu. Sirkuit milik Ferrari tersebut rupanya mendapat review positif dari para driver.

Sejatinya, sirkuit ini tak masuk dalam jadwal F1 2020. Namun akibat pandemi COVID-19 yang membuat sejumlah seri dibatalkan, Mugello pun masuk sebagai lokasi pengganti dan diberi nama GP Tuscan, yang digelar pada Minggu (13/9) lalu.

Balapan itu pun menghadirkan sejumlah drama, di antaranya bendera merah yang dikibarkan dua kali menyusul dua crash yang terjadi dalam balapan dan adanya delapan driver yang gagal menyelesaikan lomba.

Meski begitu, Mugello ternyata cukup disukai oleh pebalap. Alasannya, sirkuit yang memiliki panjang 5,245 km itu dianggap memiliki layout yang menantang, di mana ada beragam karakteristik tikungan di sirkuit ini yang membuat banyak terjadinya aksi salip-menyalip.

Salah satu aksi overtake yang paling diingat adalah saat Alexander Albon (Red Bull Racing) menyalip Daniel Ricciardo (Renault) lewat sisi luar tikungan, membuatnya mengamankan posisi ketiga untuk kali pertama sepanjang kariernya.



Pemenang GP Tuscan, Lewis Hamilton merupakan salah satu yang menyukainya. Bagi driver Inggris itu, Mugello merupakan salah satu sirkuit tersulit yang ia hadapi.

"Secara pribadi saya menyukainya. Saya tak tahu bagaimana balapannya, tapi Mugello merupakan salah satu trek tersulit untuk dijalani," kata Hamilton, dikutip Crash.

Selain Hamilton, ada Albon dan Valtteri Bottas yang memuji Mugello. Bahkan duo Ferrari, Charles Lecrec dan Sebastian Vettel juga menyukainya. Keduanya diketahui pernah berlatih di Mugello sebelum F1 musim ini dimulai.

"Saya pikir sirkuitnya luar biasa. Harusnya ada di kalender balapan setiap tahun," kata Bottas.

"Sejujurnya, sebelum balapan saya sedikit skeptis soal seberapa banyak aksi salip menyalip yang bisa dilakukan di trek ini. Tapi setelah balapan, saya harus bilang ada banyak overtake di sini, jadi sebetulnya bagus. Treknya mengagumkan, dan saya mau kalau disuruh kembali balapan di sini," kata Lecrec.

Sayangnya, sejauh ini Mugello hanya dimasukkan dalam kalender F1 2020 dan belum direncanakan kembali hadir di tahun-tahun selanjutnya. Padahal, Mugello sudah rutin masuk kalender MotoGP sejak 1994 dan baru absen di tahun ini karena pandemi COVID-19.



Simak Video "Formula 1 2020 Kemungkinan Digelar Tanpa Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com