detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 13 Sep 2020 22:45 WIB

Hasil GP Tuscan: Hamilton Juara, Pembalap Thailand Rebut Podium

Randy Prasatya - detikSport
SCARPERIA, ITALY - SEPTEMBER 13: Lewis Hamilton of Great Britain driving the (44) Mercedes AMG Petronas F1 Team Mercedes W11 leads Charles Leclerc of Monaco driving the (16) Scuderia Ferrari SF1000 on track during the F1 Grand Prix of Tuscany at Mugello Circuit on September 13, 2020 in Scarperia, Italy. (Photo by Jenifer Lorenzini - Pool/Getty Images) Lewis Hamiton juara GP Tuscan. (Foto: Getty Images/Pool)
Tuscany -

Lewis Hamilton keluar sebagai juara Formula 1 di GP Tuscan. Balapan penuh drama ini juga menghadirkan podium untuk pembalap Thailand, Alexander Albon.

Balapan di Sirkuit Mugello, Minggu (13/9/2020) malam WIB, menghadirkan drama di awal balapan. Max Verstappen keluar dari balapan setelah mobilnya tak memiliki kekuatan untuk dipacu. Pierre Gasly menjadi korban setelah menyenggol mobil Verstappen.

Tak lama berselang kembali terjadi insiden tabrakan di lap keenam. Ada empat pembalap yang terlibat tabrakan, yakni Antonio Giovinazzi, Nicolas Latifi, Kevin Magnussen, Carlos dan Sainz.

Kecelakaan ini menghadirkan bendera merah. Seluruh pembalap kemudian kembali masuk ke pit untuk menanti balapan dimulai lagi.

Perlombaan baru dimulai dengan menyisakan 50 putaran. Lewis Hamilton memimpin balapan dengan diikuti oleh Valtteri Bottas dan Charles Leclerc. Lance Stroll berhasil menyodok ke posisi ketiga pada putaran ke-18.

Bottas, yang berada di posisi kedua, berusaha lebih dulu masuk ke pit untuk mengganti ban pada lap ke-31. Selang satu lap kemudian menyusul Hamilton, yang sebelumnya melalui radio sudah mengeluh soal ban.

Pertarungan sengit terjadi di posisi ketiga dan keempat antara Daniel Ricciardo, Stroll, dan Alexander Albon. Sial untuk Stroll. Saat sudah mengambil posisi ketiga harus keluar dari balapan.

Mobil pembalap asal Kanada itu itu melintir di tikungan kesembilan lap ke-44. Bendera merah terpaksa dikeluarkan lagi dan para pembalap kembali ke pit.

Balapan kembali di mulai dari lap ke-47 dengan melakukan start ulang lagi bersama 12 pembalap yang tersisa. Tak ada perubahan posisi yang berarti selepas restart, Hamilton masih memimpin dengan diikuti Bottas, Ricciardo, Albon, dan Perez.

Pertarungan sengit di putraan ke-50. Albon berhasil mengambil posisi ketiga setelah menyalip Ricciardo.

Sampai balapan menyisakan lima putaran lagi, tak ada wakil dari Ferrari yang mampu masuk ke lima besar. Leclerc ada di posisi kesembilan dan Sebastian Vettel di posisi ke-10 dari 12 pembalap yang tersisa.

Tak ada perubahan posisi sampai balapan tuntas. Hamilton keluar sebagai juara dan Bottas duduk di posisi kedua. Albon finis ketiga dan menandakan untuk pertama kalinya pembalap asal Thailand itu meraih podium di F1.

Albon pertama kali berkiprah di F1 pada 2019 bersama Red Bull. Hasil balapan terbaiknya pada saat itu finis keempat di Jepang pada tahun lalu dan di Styria tahun ini.

Hasil Formula 1 GP Tuscan:

GP TuscanHasil GP Tuscan Foto: dok. Formula 1


Simak Video "Momen Dramatis Hamilton Juara dengan Ban Pecah"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com