detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 09 Okt 2020 18:27 WIB

Sirkuit Berkabut dan Trek Licin, Free Practice 1 F1 GP Eifel Batal

Mohammad Resha Pratama - detikSport
NUERBURG, GERMANY - OCTOBER 09: Fog is pictured over the circuit during practice ahead of the F1 Eifel Grand Prix at Nuerburgring on October 09, 2020 in Nuerburg, Germany. (Photo by Joe Portlock/Getty Images) Free practice F1 GP Eifel 2020 dibatalkan karena kabut (Getty Images/Joe Portlock)
Nurburgring -

Tidak ada free practice pertama F1 GP Eifel 2020. Sebab cuaca buruk membuat sirkuit berkabut dan trek menjadi licin.

Sejatinya FP 1 GP Eifel 2020 dihelat di sirkuit Nurburgring, Jumat (9/10/2020) sore WIB mulai pukul 16.00 sampai 17.30. Tapi, sampai waktunya sesi tersebut dihelat, awan gelap dan kabut masih turun menutupi sebagian lintasan.

Tak cuma itu, trek pun menjadi licin hingga dapat membahayakan para pebalap. Steward sempat memutuskan menunda 30 menit untuk menunggu kondisi membaik, tapi tidak ada perubahan signifikan.


Suhu udara yang mencapai 11 derajat celcius makin membuat udara dingin menusuk di sana dan membuat helikopter medis sulit terbang. Oleh karenanya, diputuskan pada pukul 17.00 sore WIB, sesi tidak dapat dihelat sama sekali.

"Dengan adanya kabut, helikopter tim medis tidak mampu take off dan terbang ke rumah sakit," ujar pernyataan resmi F1.

"Jarak pandang pun terlalu jauh untuk melihat apa yang ada di depan. Dengan kondisi yang memburuk karena kabut ini, maka FIA memutuskan bahwa keselamatan seluruh peserta dan pebalap adalah yang utama. Kami tidak mau membahayakan."

Dengan ditundanya sesi latihan bebas pertama ini, maka para pebalap akan menunggu nasib sesi free practice F1 GP Eifel kedua yang dimulai pukul 20.00 WIB sampai 21.30 WIB.

(mrp/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com