detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 01 Nov 2020 20:59 WIB

F1 GP Emilia Romagna: Hamilton Menang, Mercedes Resmi Juara Konstruktor

Adhi Prasetya - detikSport
IMOLA, ITALY - NOVEMBER 01: Race winner Lewis Hamilton of Great Britain and Mercedes GP celebrates with his team in parc ferme during the F1 Grand Prix of Emilia Romagna at Autodromo Enzo e Dino Ferrari on November 01, 2020 in Imola, Italy. (Photo by Mark Thompson/Getty Images) Hamilton merayakan kemenangan di GP Emilia Romagna. Foto: Getty Images/Mark Thompson
Imola -

Lewis Hamilton menjadi pemenang Formula 1 GP Emilia Romagna 2020. Hasil ini juga turut memastikan Mercedes sebagai juara konstruktor F1 ketujuh kalinya secara beruntun.

Di sirkuit Imola, Minggu (1/11/2020), Valtteri Bottas (Mercedes) yang start dari grid satu langsung melesat di depan. Max Verstappen (Red Bull Racing) menyusul di posisi kedua, menyalip Lewis Hamilton (Mercedes) yang turun ke posisi ketiga.

Insiden sudah terjadi di lap pertama. Mobil Kevin Magnussen (Haas) mengalami spin, membuatnya berada di urutan terakhir. Namun setelahnya Lance Stroll (Racing Point) menabrak mobil Esteban Ocon (Renault), membuat wing depan mobilnya patah dan harus ke pit. Stroll bisa kembali ke trek, namun di urutan terakhir.

Petaka datang buat Pierre Gasly (AlphaTauri) di lap ke-9. Power unit mobilnya mengalami trouble, membuatnya menjadi pebalap pertama yang retired. Sementara itu, urutan tiga besar masih tetap tak berubah.



Di lap ke-18, wing depan mobil Daniil Kvyat (AlphaTauri) sempat menyentuh ban belakang mobil Alexander Albon (Red Bull Racing), namun tak ada kerusakan berarti dan keduanya terus melaju.

Di lap ke-19, Verstappen masuk ke pit untuk mengganti ban dan kembali ke trek dengan berada di urutan ketiga. Bottas masuk pit di lap berikutnya, namun masuk ke lintasan dengan menempati urutan kedua. Hamilton mengambil posisi terdepan, dan ia belum masuk pit.

Di lap ke-29, giliran Ocon yang harus retired. Ada masalah di kopling mobilnya, terlihat asap keluar dari mobilnya di pinggir trek.



Hamilton akhirnya masuk pit di lap ke-31, namun keunggulan lebih dari 30 detik atas Bottas membuatnya tetap mempertahankan posisi pertama ketika kembali ke trek, meski tersisa keunggulan sekitar 4 detik dari Bottas.

Di lap ke-38, Hamilton mulai melebarkan jarak dengan Bottas menjadi 8 detik. Verstappen mengekor Bottas, dengan jarak keduanya kurang dari satu detik.

Verstappen menyalip Bottas di lap ke-43! Bottas sempat melebar keluar lintasan, Verstappen pun mengambil kesempatan untuk menempel dan kemudian menyalipnya.

Ouch! Verstappen mengalami spin! Di lap ke-51, ban kanan mobilnya pecah. Ia tak bisa melanjutkan lomba. Bendera kuning dikibarkan, safety car masuk. Bottas kembali ke posisi dua, disusul Daniel Ricciardo (Renault).



Insiden tak berhenti di situ. George Russell (Williams) mengalami crash dan menabrak pembatas di sisi kiri di lap ke-53. Magnussen sebelumnya juga sudah retired, menyisakan 15 driver di lintasan.





Balapan dilanjutkan di lap ke-58, insiden masih terjadi. Kali ini mobil Albon yang mengalami spin. Ia bisa lanjut, tapi melorot di urutan terakhir.

Di lap-lap akhir, Hamilton tak terhentikan dan berhasil finis di urutan pertama. Bottas dan Ricciardo melengkapi tiga besar, disusul Kvyat dan Charles Leclerc (Ferrari) di posisi keempat dan kelima.

Finisnya Hamilton dan Bottas di dua besar memastikan Mercedes sebagai juara konstruktor Formula 1 2020. Dengan koleksi 478 poin, Red Bull Racing yang baru mengumpulkan 226 poin tak akan bisa mengejar di empat seri tersisa.

Hasil F1 GP Emilia Romagna 2020.Hasil F1 GP Emilia Romagna 2020. Foto: Twitter @F1






Simak Video "Momen Dramatis Hamilton Juara dengan Ban Pecah"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com