detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 31 Okt 2020 05:10 WIB

Sudah 41 Tahun, Kimi Raikkonen Putuskan Lanjut di Formula 1 2021

Adhi Prasetya - detikSport
IMOLA, ITALY - OCTOBER 30: Kimi Raikkonen of Finland and Alfa Romeo Racing talks in the Drivers Press Conference  during previews ahead of the F1 Grand Prix of Emilia Romagna at Autodromo Enzo e Dino Ferrari on October 30, 2020 in Imola, Italy. (Photo by Mark Sutton - Pool/Getty Images) Raikkonen memutuskan lanjut di Formula 1 tahun depan. Foto: Getty Images/Pool
Jakarta -

Kimi Raikkonen belum akan pensiun dari Formula 1 dalam waktu dekat. Driver asal Finlandia itu baru saja resmi memperpanjang kontraknya bersama Alfa Romeo Racing selama setahun.

Raikkonen, yang baru saja berulang tahun ke-41 pada 17 Oktober lalu, sudah tampil di ajang F1 sejak 2001, sewaktu masih 21 tahun. Kala itu, ia membalap untuk Red Bull Sauber Petronas.

Dalam perjalanannya, ia pun berpindah ke tim-tim besar macam McLaren dan Ferrari. Bersama nama yang terakhir, ia sukses menjadi juara dunia pada 2007, dengan mengalahkan Lewis Hamilton dengan selisih satu poin saja.

Sempat keluar dari F1 selama dua musim untuk mengikuti ajang reli dan NASCAR, ia kembali ke F1 pada tahun 2012 dan membalap untuk Lotus Racing. Dua tahun berselang, ia kembali ke Ferrari dan bertahan hingga 2018.

Pada 2019, ia mudik ke Sauber, yang sudah berganti nama menjadi Alfa Romeo Racing. Di usianya yang sudah terbilang senja di ajang jet darat, pebalap berjuluk The Iceman itu belum mau berhenti.

"Alfa Romeo Racing bukan sekedar tim, mereka sudah seperti keluarga kedua buat saya," kata Raikkonen, dikutip Sky Sports.

"Orang-orangnya masih banyak yang belum berubah sejak saya memulai debut F1 di tahun 2001, dan atmosfer unik di dalam tim inilah yang memberikan saya motivasi ekstra untuk terus membalap musim depan, yang akan menjadi musim ke-19 saya di olahraga ini."

"Saya tak akan di sini jika saya tak percaya dengan proyek tim ini dan apa yang bisa kami raih bersama. Tim ini begitu menghargai kerja keras di atas ucapan dan hal itu cocok dengan saya," jelasnya.

Tak cuma Raikkonen, Alfa Romeo juga memperpanjang kontrak Antonio Giovinazzi untuk Formula 1 2021. Itu artinya, keduanya akan bertandem untuk musim ketiga secara beruntun.



Simak Video "Formula 1 2020 Kemungkinan Digelar Tanpa Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com