detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 30 Apr 2021 14:20 WIB

Rio Haryanto Buka Peluang Balik ke F1, Asalkan...

Ari Purnomo - detikSport
Rio Haryanto, David Tjiptobiantoro dan Christian Colombo akan berlaga dalam Asian Le Mans Series di China. Mereka bakal bergantian menjadi sopir Ferrari dalam waktu 4 jam. Rio Haryanto Buka Peluang Balik ke F1, Asalkan... (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Solo -

Rio Haryanto masih berminat untuk terjun di ajang balapan Formula 1 (F1). Dirinya masih berusaha mencari sponsor yang siap mendanai kiprahnya kembali.

"Saat ini masih belum ada (ajang balap) tapi saya masih berusaha untuk mencari peluang karena saya masih butuh sponsor untuk bisa kembali terjun ke dunia balap," ujarnya saat ditemui detikcom di Solo Paragon Mall, Jumat (30/4/2021).

Tetapi, untuk ajang balap F1 Rio mengakui masih cukup jauh. Maka dari itu, dirinya pun akan mengalihkan ajang balap yang diikutinya ke kompetisi balap lain yakni GT.

"Kalau ke F1 agak jauh, kompetisi lain seperti (ajang balap) GT," ungkapnya.

Rio HaryantoRio Haryanto (kiri) (Ari Purnomo/detikcom)

Rio Haryanto mengakui, ajang balap jet darat tidaklah mudah dan membutuhkan proses yang cukup lama. Dan bisa berkiprah di F1 selama setengah musim memberikan pengalaman yang sangat berharga.

"Pengalaman di F1 masuk setengah musim, pengalamannya sangat besar. Untuk bisa tembus ke F1 tidak mudah, butuh proses jangka waktunya juga sangat panjang," urainya.

Dia juga mengakui, ajang balap F1 memiliki level kompetisi yang sangat tinggi. Sehingga, mudah bagi seorang pebalap untuk bisa menembus level ini.

"Dan level kompetisinya sangat tinggi, iya benar (orang pertama di Indonesia yang terjun ke balap F1)," tandasnya.

Seperti diketahui, putra dari pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati sempat menjajal ajang balap F1 pada 2016. Di bawah tim Manor Racing, Rio mengikuti ajang balap jet darat selama setengah musim.

Rio juga tercatat sebagai satu-satunya pebalap dari Indonesia yang bisa mencapai level balap F1.

(aff/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com