F1 GP Monako 2021: Peluang Verstappen Salip Hamilton di Klasemen

Adhi Prasetya - Sport
Minggu, 23 Mei 2021 12:20 WIB
MONTE-CARLO, MONACO - MAY 22: Second place qualifier Max Verstappen of Netherlands and Red Bull Racing looks on in parc ferme during qualifying for the F1 Grand Prix of Monaco at Circuit de Monaco on May 22, 2021 in Monte-Carlo, Monaco. (Photo by Mark Thompson/Getty Images)
Verstappen gagal meraih pole di kualifikasi GP Monako, namun masih berpeluang menang. Foto: Getty Images/Mark Thompson
Monte Carlo -

Formula 1 GP Monako 2021 akan digelar hari ini. Ada peluang bagi Max Verstappen naik ke puncak klasemen sementara pebalap, asal bisa finis jauh di atas Lewis Hamilton.

GP Monako akan digelar di Sirkuit Jalan Raya Monako di Monte Carlo, Minggu (23/5/2021) mulai pukul 20.00 WIB. Verstappen akan memulai balapan dari posisi kedua, tepat di belakang Charles Leclerc (Ferrari) yang meraih pole.

Verstappen sebetulnya berpeluang meraih pole di saat-saat akhir kualifikasi, namun crash yang dialami Leclerc 18 detik jelang berakhirnya sesi membuat bendera merah dikibarkan dan kualifikasi dihentikan saat itu juga.

Hal itu membuat Verstappen mengeluarkan sumpah serapah, sebab saat itu ia sedang mengejar lap terakhir untuk mencatat waktu terbaik, dan akhirnya sirna.

"Aku sedang unggul 0,15 detik sebelum masuk tunnel (jelang bendera merah dikibarkan), dan aku tahu di lap sebelumnya, aku membuat kesalahan di tikungan 10, 11, di mana aku kehilangan 0,1 detik," kata Verstappen seusai kualifikasi, dikutip Motorsport.

"Jadi aku berpeluang meraih pole, terutama di pencatatan waktu kedua. Aku punya lebih banyak grip di pada ban, bahkan di sektor terakhir harusnya ada peningkatan."



"Tapi itu kan kondisi seharusnya, dan aku tak peduli. Faktanya ada bendera merah, dan itulah kenyataannya," tegas pebalap Red Bull Racing itu.

Meski begitu, start di grid kedua tak buruk untuk Verstappen. Saingannya di klasemen, Lewis Hamilton, harus start di urutan ketujuh karena setelan mobil yang tak pas saat kualifikasi.

Ini menjadi kesempatan bagi Verstappen. Dengan kondisi trek Monako yang sulit untuk menyalip, ada peluang terciptanya jarak finis dua pebalap yang lebar. Ini tentu menguntungkan Verstappen (kini 80 poin) untuk mendekati Hamilton (94 poin).

Bahkan jika Verstappen sampai menang, ia berpeluang menyalip di klasemen sementara, asal Hamilton tak finis empat besar. Meski begitu, Verstappen memilih tetap tenang dan tak fokus ke sana.

"Tentu penting untuk selalu mencetak banyak poin, tapi tentu kamu harus selalu mengungguli rival utamamu sesering mungkin," lanjut Verstappen. "Jadi hasil hari ini sebetulnya bagus, tapi kami harus menuntaskannya di balapan besok (hari ini)," pungkasnya.

(adp/adp)